Sukses

Dinkes Depok Curiga Varian Baru Covid-19 Sudah Masuk ke Wilayahnya

Dinkes Kota Depok menemukan indikasi adanya varian baru Covid-19 di wilayahnya berdasarkan gejala yang dialami pasien.

Liputan6.com, Jakarta - Mutasi Covid-19 yang pertama kali ditemukan di Inggris, India, dan Afrika Selatan menjadi kewaspadaan Pemerintah Kota (Pemkot) Depok. Sejumlah upaya pun dilakukan untuk mencegah varian baru virus corona itu menyebar di Depok.  

Salah satunya dengan mengirimkan sampel ke Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes) Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok, Novarita mengatakan, untuk mendeteksi adanya varian baru Covid-19 yang berasal dari tiga negara tersebut, pihaknya telah mengirimkan sampel ke Balitbangkes sejak akhir Mei 2021.

Namun hingga kini, sampel yang dikirimkan Dinkes Kota Depok ke Balitbangkes Kemenkes belum juga mendapatkan hasil.

"Belum diketahui hasilnya, mungkin harus mengantre dengan daerah lain yang juga melakukan pengetesan yang sama," ujar Novarita, Sabtu (19/6/2021).

Novarita menjelaskan, sampel yang dikirim ke Balitbangkes berasal dari warga yang terkena Covid-19. Menurutnya, sampel tersebut merupakan jenis virus yang memiliki tanda-tanda mengarah ke varian baru.

"Terdapat indikasi ke arah mutasi virus Covid-19 yakni penularannya sangat cepat kepada suatu komunitas," terang Novarita.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kecurigaan Dinkes Depok

Novarita mengungkapkan, secara garis besar tidak ada perbedaan gejala spesifik pada penderita dengan varian baru Covid-19.

Namun Dinkes Kota Depok perlu mencurigai adanya mutasi Covid-19 apabila hasil PCR positif dengan kriteria di antara seseorang yang sudah divaksin mengalami gejala terinfeksi. Selain itu, orang yang sebelumnya bergejala Covid-19 dan dinyatakan sudah sembuh, kini terinfeksi kembali.

"Kami mencurigai itu, apalagi orang yang sudah sembuh terinfeksi kembali dan seseorang yang datang dari luar negeri," kata Novarita.

Novarita menuturkan, untuk mencegah penularan Covid-19 yang saat ini sedang meninggi di Kota Depok, masyarakat dapat menerapkan protokol kesehatan dan pola hidup sehat.

Menurutnya, menjaga kesehatan tubuh dapat meningkatkan kekebalan tubuh dengan di topang rutin berolahraga.

"Menjaga imun itu penting untuk kekebalan tubuh dan disiplin protokol kesehatan dapat mencegah penularan Covid-19," tutup Novarita. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.