Sukses

Golkar: Survei Capres 2024 LSI Menambah Optimisme

Azis Samual mengaku partainya makin optimistis mengusung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto di Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta Menanggapi rilis lembaga survei LSI Denny JA soal elektabilitas calon presiden (capres) pada 2024, politisi senior Partai Golkar, Azis Samual mengaku partainya makin optimistis mengusung Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Dia pun membeberkan alasannya.

"Menurut saya itu (hasil survei) menambah optimisme, elektabilitas Airlangga Hartanto naik signifikan," ujar dia, Jumat (18/6/2021).

Sebelumnya, peneliti senior LSI Denny JA, Adjie Alfaraby, memaparkan hasil survei capres 2024, Kamis (17/6/2021) di Jakarta. Metode survei menggunakan multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara tatap muka menggunakan kuesoner. Kesimpulan sementara elektabiltas capres sebagai berikut:

Prabowo Subianto: 23,5%

Ganjar Pranowo: 15,5%

Anies Baswedan: 13,8%

Sandiaga Uno: 7,6%

Airlangga Hartarto: 5,3%

Agus Harimurti Yudhoyono: 3,8%

Puan Maharani: 2%

Moeldoko: 0,1%

Tidak tahu/tidak jawab: 26,5%

Menurut Azis, ada perkembangan yang menarik dari survei ini, yaitu kenaikan elektabilitas Airlangga Hartarto yang signifikan. Pada survei bulan Mei yang dilakukan oleh Indikator Politik, nama AH masih di urutan 9 dengan elektabilitas 1 %. Kini sudah berada di urutan ke 5 dengan elektabilitas 5,3 % naik lima kali lipat lebih.

"Kami dari Partai Golkar masih punya waktu sekurang-kurangnya 2 tahun ke depan untuk membantu meningkatkan elektabilitas Airlangga," ujar dia.

Kenaikan elektabilitas ini menurut Azis, disebabkan di antaranya karena AH sebagai Menko Perekonomian dinilai masyarakat berhasil menyelaraskan kinerja 8 kementerian strategis di bawahnya, terutama dalam mengatasi dampak krisis ekonomi akibat Pandemi Covid-19.

Lebih lanjut Azis menguraikan, bahwa leadership Airlangga sebagai Ketua Umum Partai Golkar efektif menggerakkan partai, baik dalam koridor struktural maupun jalur fungsional. Dinamika internal juga dapat dikelola dengan bijak sehingga tetap tercipta suasana yang harmonis, kompak dan soliditas partai yang terjaga.

"AH itu tegas dan disiplin menjaga haluan partai agar tetap pada track-nya dan tentu sudah sejalan dengan harapan konstituen dan masyarakat luas. Inilah sebenarnya yang saya sebut sebagai esensi dari kepemimpinan," tutur dia.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Alasan Optimistis Golkar

Selain itu, Azis juga menyampaikan alasan sikap optimisme terhadap keyakinannya untuk maju di Pilpres 2024. Pertama, trend partai sedang mengalami kenaikan di masyarakat, setidaknya melalui berbagai survei eksternal maupun kajian internal menujukkan hal itu, ini adalah modal dasar yang penting.

"Kedua, seiring perjalanan waktu, dengan kinerjanya yang mumpuni, AH semakin dikenal dan mendapat tempat di hati masyarakat. Ia mungkin jarang bicara tetapi he is doing the best. Tidak perlu banyak bicara yang tidak penting, tapi hasilnya terbukti," ujar dia.

"Ekonomi kita tidak ambruk, inflasi terjaga pada tingkat yang wajar, pertumbuhan memang melambat tetapi ada potensi untuk tumbuh di tahun depan, apalagi bila pandemi Covid-19 berhasil diredam," imbuh dia.

Ketiga, AH masih ada waktu untuk mengedepankan kinerja. Ini lebih penting, karena rakyat membutuhkan kinerja yang baik dan mereka pula yang akan menilai. "InsyaaAllah, bila ada survei lagi nanti, elektabilitas AH akan meningkat," Azis menandaskan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.