Sukses

Wapres Ma'ruf Harap Seluruh Wilayah Bisa Jangkau Internet 2023 Mendatang

Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap pada 2023 mendatang, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin berharap pada 2023 mendatang, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet. Sehingga, para pelaku UMKM dapat mempersiapkan transformasi ekonomi menuju digitalisasi.

"Pembangunan infrastruktur menjadi tugas Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kemenkominfo, melalui Proyek Strategis Nasional, dengan membangun jaringan backbone fiber optic Palapa Ring, dan Proyek Satelit Multifungsi Pemerintah. Diharapkan pada tahun 2023, seluruh wilayah Indonesia sudah terjangkau internet," ujar Ma'ruf saat menghadiri acara Puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema Kilau Digital Permata Flobamora dalam YouTube Kemkominfotv, Jumat (18/6/2021).

Dengan adanya jaringan koneksi internet, lanjut dia, maka akses untuk memasuki ekosistem digital bagi masyarakat, khususnya pelaku UMKM di Nusa Tenggara Timur akan terbuka lebar.

Keterbukaan akses digital tersebut, kata Ma'ruf Amin, diharapkan akan memberikan nilai tambah bagi karya dan kreasi lokal karena lahan bisnisnya mampu menembus pasar nasional dan bahkan pasar global.

"Disitulah letak nilai strategis dari transformasi ekonomi melalui digitalisasi yang merupakan salah satu prioritas pemerintah," terang dia.

Ma'ruf Amin juga berharap para pelaku ekraf dan UMKM dituntut untuk lebih adaptif, kreatif dan inovatif menciptakan produk yang sesuai dengan selera dan kebutuhan pasar.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Bisa Dimanfaatkan UMKM

Dengan adanya hal tersebut, UMKM harus memanfaatkan platform digital termasuk media sosial untuk mendukung perkembangan usahanya.

"Serta mempermudah akses pada pembiayaan, distribusi dan pemasaran produknya," jelas Ma'ruf Amin.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin

Sumber : Merdeka

3 dari 3 halaman

100 Hari Jokowi-Ma'ruf Amin

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.