Resmi Jadi Gubernur, Rusdi Mastura Diminta Jokowi Tekan Kasus Covid-19 di Sulteng

Oleh Lizsa Egeham pada 16 Jun 2021, 16:19 WIB
Diperbarui 16 Jun 2021, 16:19 WIB
Presiden Jokowi melantik Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng di Istana Kepresidenan Jakarta. (Istimewa)
Perbesar
Presiden Jokowi melantik Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng di Istana Kepresidenan Jakarta. (Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi memberi tugas khusus kepada Gubernur serta Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir yang baru dilantik di Istana Negara Jakarta, Rabu (16/6/2021). 

Jokowi meminta keduanya untuk menekan penyebaran Covid-19 di Sulteng.

"Semoga kami tetap amanah menjalankan tugas-tugas dengan baik. InsyaAllah, tugas kami tadi disampaikan oleh Bapak Presiden bagaimana menyelesaikan Covid," jelas Rusdi usai pelantikan seperti yang ditayangkan di Youtube Sekretariat Presiden, Rabu (16/6/2021).  

Selain itu, dia mengatakan akan fokus menangani dampak gempa bumi yang mengguncang Sulawesi Tengah pada 2018 lalu. Disamping itu, Rusdi berkomitmen menurunkan angka kemiskinan di wilayahnya.

"Kebetulan Sulawesi Tengah 2018 kemarin mengalami bencana itu menajdi tugas yang pertama kami. Kemudian bagaimana tugas-tugas menurunkan angka kemiskinan sehingga daerah kami lebih baik ke depan," jelas dia.

"Moga-moga amanah ini bisa kami pegang berdua. Dengan begitu, Insya Allah Sulawesi Tengah akan bisa lebih baik dari hari kemarin," sambung Rusdi.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik Gubernur serta Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) masa jabatan 2021-2024, Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir di Istana Negara Jakarta, Rabu (16/6/2021). Adapun pasangan kepala daerah itu dilantik Jokowi setelah terpilih dalam Pilkada 2020.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Didikung Banyak Partai

Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Rusdi Mastura - Ma'mun Amir
Perbesar
Pasangan Bakal Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulteng Rusdi Mastura - Ma'mun Amir saat deklarasi untuk maju dalam Pilkada tahun 2020, Kamis (3/9/2020). (Foto: Salahudin).

Seperti diketahui, Pilkada 2020 digelar pada 9 Desember di tengah masa pandemi Covid-19. Pilkada 2020 dilaksanakan di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Seperti diketahui, pasangan Rusdi-Ma’mun diusung Partai NasDem, PKS, PKB, Hanura, Partai Golkar, PAN, Garuda, Perindo, Demokrat dan PPP. Saat Pilkada mereka bersaing dengan Mohammad Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala.

Pada 10 Desember 2020, Rusdi dan Mamun dinyatakan unggul suara dibanding pesaingnya Hidayat-Bartholomeus dalam hitung cepat survei Poltracking.

Pada perolehan suara sementara saat itu Rusdi mendapatkan suara 59,98 persen. Sementara pesaingnya memperoleh 40,02 persen.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓