Jokowi Lantik Rusdi Mastura - Ma'mun Amir Jadi Gubernur dan Wagub Sulteng di Istana

Oleh Lizsa Egeham pada 16 Jun 2021, 15:26 WIB
Diperbarui 16 Jun 2021, 15:32 WIB
Presiden Jokowi melantik Kepala BRIN, Laksana Tri Handoko
Perbesar
Presiden Jokowi saat melantik pejabat di Istana Kepresidenan Jakarta. (Dok Setpres)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Jokowi melantik Gubernur serta Wakil Gubernur Sulawesi Tengah (Sulteng) masa jabatan 2021-2024, Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir di Istana Negara Jakarta, Rabu (16/6/2021).

Adapun pasangan kepala daerah itu dilantik Jokowi setelah terpilih dalam Pilkada 2020.

Berdasarkan pantauan, Jokowi terlebih dahulu menyerahkan petikan Keputusan Presiden (Keppres) kepada Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir di Istana Merdeka. Setelah itu, mereka melakukan prosesi kirab ke Istana Negara didampingi Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Pelantikan Gubernur-Wakil Gubernur Sulawesi Tengah itu berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 81P tahun 2021 Tentang Pengesahan Pengangkatan Gubernur dan Wakil Guberur Sulawesi Tengah.

Selanjutnya, Jokowi meminta Rusdi Mastura dan Ma'mun Amir mengikutinya mengucapkan sumpah jabatan Gubernur-Wakil Gubernur.

"Bahwa saya akan memenuhi kewajiban saya sebagai gubernur dan wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya. Memegang teguh UUD negara RI tahun 1945 dan menjalankan segala UU dan peraturannya dengan selurus-lurusnya serta berbakti kepada masyarakat, nusa dan bangsa," kata para kepala daerah bersamaan mengikuti ucapan Jokowi.

Berhubung di tengah situasi pandemi, acara pelantikan pun mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah penularan Covid-19. Baik Jokowi, Maruf Amin, kepala daerah yang dilantik, dan tamu undangan terlihat memakai masker dan menjaga jarak.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Pasangan Diusung Banyak Partai

Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir berkomitmen dan mendorong koperasi sebagai soko guru perekonomian
Perbesar
Rusdy Mastura dan Ma'mun Amir berkomitmen dan mendorong koperasi sebagai soko guru perekonomian

Seperti diketahui, Pilkada 2020 digelar pada 9 Desember di tengah masa pandemi Covid-19. Pilkada 2020 dilaksanakan di 270 wilayah di Indonesia, meliputi 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota.

Seperti diketahui, pasangan Rusdi-Ma’mun diusung Partai NasDem, PKS, PKB, Hanura, Partai Golkar, PAN, Garuda, Perindo, Demokrat dan PPP. Saat Pilkada mereka bersaing dengan Mohammad Hidayat Lamakarate-Bartholomeus Tandigala.

Pada 10 Desember 2020, Rusdi dan Mamun dinyatakan unggul suara dibanding pesaingnya Hidayat-Bartholomeus dalam hitung cepat survei Poltracking. Pada perolehan suara sementara saat itu Rusdi mendapatkan suara 59,98 persen. Sementara pesaingnya memperoleh 40,02 persen.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓