Sukses

DKI Didorong Terapkan PSBB Ketat Imbas Covid-19 Melonjak, Ini Respons Pemprov

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara mengenai dorongan sejumlah pihak untuk pelaksanaan kembali PSBB di Ibu Kota.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria angkat bicara mengenai dorongan sejumlah pihak untuk pelaksanaan kembali PSBB di Ibu Kota. Ia menyatakan saat ini Pemprov DKI telah memberlakukan PPKM mikro hingga 28 Juni 2021.

"Sudah diputuskan PPKM dua minggu ke depan seperti sebelumnya. Namun demikian, kita akan meningkatkan penegakan hukum dan meningkatkan disiplin seperti yang diperintahkan tadi oleh Presiden, Pak Jokowi," kata Riza di Gedung DPRD DKI Jakarta, Selasa (15/6/2021).

Politikus Gerindra itu menyatakan bila Presiden Jokowi memberikan tiga arahan untuk menekan penyebaran Covid-19 di Jakarta. Salah satunya adalah Jokowi meminta agar DKI Jakarta lebih meningkatan pengetatan protokol kesehatan.

"Pesan Pak Presiden implementasi di lapangan ditambahkan, dikuatkan seperti dulu ada penjagaan, pengetatan," ucap dia.

Lalu, adanya peningkatan penggunaan masker di masyarakat saat pandemi Covid-19. Kemudian mengenai percepatan proses vaksinasi Covid-19.

"Ketiga pesan Bapak Presiden agar segera mempercepat program vaksinasi di Jakarta, ditargetkan akhir Agustus sampai 7,5 juta," ujar Riza.

Kendati begitu, dia mengaku pihaknya akan mempertimbangkan berbagai masukan terkait penanganan pandemi Covid-19. Seperti halnya untuk pelaksanaan PSBB.

Selain itu, Riza juga meminta agar masyarakat terus meningkatkan pendisiplinan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

"Jauh yang lebih penting adalah bagaimana masyarakat bisa melaksanakan protokol kesehatan," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

RSD Wisma Atlet Diserbu Pasien

Sebelumnya, pasien Covid-19 di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet mengalami peningkatan drastis. Peningkatan ini bahkan membuat pasien harus mengantre dengan duduk di lantai karena bangku yang sediakan tidak dapat menampung.

Menyikapi kondisi tersebut, Koordinator Humas dan Komandan Lapangan RSD Wisma Atlet Letnan Kolonel Laut M Arifin meminta agar Pemerintah Daerah, khususnya DKI Jakarta, kembali memberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

"Saran saya PSBB perketat dulu, seminggu, dua minggu ini sampai nanti landai, biar kita bisa fokus menangani pasien dengan baik. Kalau sudah landai silakan mau dibuka lagi,” ujar Arifin saat dihubungi, Selasa (15/6/2021).

Diketahui, akibat kenaikan kasus tersebut, pasien Covid-19 juga terus berdatangan ke Wisma Atlet Kemayoran. Sepekan terakhir, menurut Arifin, pertambahan kasus Covid-19 di Wisma Atlet Kemayoran setiap harinya di atas 300 orang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • PSBB