Sukses

PKB Sebut Nadiem Makarim Perlu Didampingi Wamen Kemendikbud Ristek

Ketua DPP PKB, Daniel Johan mengatakan, sudah seharusnya Nadiem mendapatkan seorang wakil menteri dalam memimpin Kemendikbud Ristek.

Liputan6.com, Jakarta - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menilai, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Nadiem Makarim perlu didampingi wakil menteri. Alasannya mengoptimalkan kualitas pendidikan di Indonesia, terutama di tengah pandemi Covid-19.

Ketua DPP PKB, Daniel Johan mengatakan, sudah seharusnya Nadiem Makarim mendapatkan seorang wakil menteri dalam memimpin Kemendikbud Ristek. Mengingat tugas dan cakupan kerja Nadiem kini semakin luas setelah penggabungan kementerian.

“Iya sangat mendesak untuk diangkat satu wamen dengan pembagian tugas yang spesifik agar bisa membantu menterinya dengan baik, terlalu besar dan luas tugas yang ada saat ini,” katanya saat dihubungi, Selasa (15/6/2021).

Dia mengungkapkan, orang yang bisa mendampingi Nadiem harus memiliki pemahaman terhadap dunia pendidikan. Karena di tengah masa pandemi Covid-19, dibutuhkan banyak terobosan demi masa depan generasi bangsa.

“Nasib pendidikan yang sangat penting untuk masa depan Indonesia, sehingga harus tertangani dengan baik dan penuh terobosan yang mencerdaskan, minimal (calon wamen) paham urusan pendidikan dan ahli strategi budaya,” terangnya.

Sementara itu, politisi PKB, Luqman Hakim mengatakan, beban Nadiem Makariem di tengah pandemi Covid-19 ini sangat berat.

“Beban Menteri Nadiem sangat berat. Dalam kondisi pandemi ini, jika sungguh-sungguh berniat menyelamatkan pendidikan anak-anak Indonesia, adalah pekerjaan yang sangat berat,” ungkapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perlu Dukungan

Dia menerangkan, Nadiem memerlukan dukungan wakil menteri yang kompeten dan berintegritas. Setahun lebih pandemi, faktanya pelaksanaan kegiatan pendidikan jauh dari kualitas yang diharapkan.

“Bangsa ini terancam akan mengalami keterputusan generasi terdidik. Ini bahaya untuk masa depan bangsa kita,” ujarnya.

Namun, Luqman menegaskan, pemilihan siapa yang layak untuk mendampingi Nadiem merupakan hak prerogatif Presiden Jokowi.

“Saya berharap Presiden memiliki penilaian yang obyektif pada pendidikan kita selama pandemi ini, untuk memutuskan yang terbaik bagi masa depan pendidikan nasional kita,” tutupnya.

Reporter : Muhammad Genantan Saputra

Sumber: Merdeka

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.