Mendagri Minta Kepala Daerah Tidak Tahan APBD Demi Genjot Pertumbuhan Ekonomi

Oleh Liputan6.com pada 15 Jun 2021, 20:57 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 20:57 WIB
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian
Perbesar
Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian meminta kepala daerah agar tidak menahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) hingga akhir tahun.

Menurut Tito, APBD harus dibelanjakan sesegera mungkin untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. Terlebih, kata dia uang yang beredar di masyarakat merupakan hasil belanja sektor produktif dan dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

"Belanja pemerintah ini, karena merupakan belanja utama maka jangan ditahan, harus direalisasikan, dibelanjakan,” katanya dalam keterangan pers, Selasa (15/6/2021).

Tito mengatakan belanja pemerintah menjadi belanja utama untuk membuat bertahannya ekonomi, baik pusat maupun daerah. Tak hanya itu, belanja lewat APBD juga kata dia dapat memancing swasta untuk turut bergulir dalam pergerakan ekonomi.

"Kalau itu dilakukan, skenario itu (belanja akhir tahun), maka tidak akan bisa membuat ekonomi kita menjadi pulih dan bangkit melesat, sulit, karena belanja pemerintah di masa pandemi ini adalah belanja paling utama,” ungkapnya.

 

Memicu Peredaran Uang di Masyarakat

Tito juga mengatakan konsumsi rumah tangga dan belanja masyarakat merupakan kontributor tertinggi dalam pertumbuhan ekonomi.

Lewat dana yang diturunkan pemerintah melalui program kegiatan, diharapkan dapat memicu peredaran uang di masyarakat yang berimplikasi pada peningkatan daya beli dan pertumbuhan ekonomi.

Kalau seandainya programnya bisa dieksekusi, maka akan terjadi peredaran uang di masyarakat, menstimulasi swasta, dan ini peredaran uang dari pemerintah dan swasta bisa memperkuat konsumsi rumah tangga, daya beli masyarakat, dan ekonomi bisa pulih bisa bangkit bergerak," jelas dia.

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin 

Sumber: Merdeka.com

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓