Minimalisasi Penularan Covid-19, Terminal Kargo Bandara Soetta Disemprot Disinfektan

Oleh Pramita Tristiawati pada 15 Jun 2021, 19:06 WIB
Diperbarui 15 Jun 2021, 20:15 WIB
seluruh kawasan Terminal Kargo, dilakukan disinfeksi dengan menyemprotkan cairan desinfektan di area yang banyak terdapat aktivitas pekerja
Perbesar
Seluruh kawasan Terminal Kargo, dilakukan disinfeksi dengan menyemprotkan cairan desinfektan di area yang banyak terdapat aktivitas pekerja. (Pramita Tristiawati/Liputan6.com)

Liputan6.com, Jakarta Meningkatnya kasus dan jumlah pasien baru Covid-19 di daerah Jakarta dan Tangerang, membuat pengelola Bandara Internasional Soekarno Hatta meningkatkan pencegahan penularan. 

Kali ini di seluruh kawasan Terminal Kargo, dilakukan disinfeksi dengan menyemprotkan cairan desinfektan di area yang banyak terdapat aktivitas pekerja. Mulai dari area pergudangan, area parkir hingga perkantoran maskapai.

Sebanyak 3 mobil pickup, 1 unit mobil Pemadam Kebakaran (PK) dan 8 petugas yang menggunakan tabung penyemprotan portabel diterjunkan dalam kegiatan ini.

"Kami dari manajemen Bandara Soekarno-Hatta melakukan penyemprotan desinfektan di wilayah kargo, baik itu di Lini 1 maupun di Lini 2," kata Senior Manager Of Branch Communication & Legal Bandara Soetta, M Holik Muardi di Terminal Kargo, Bandara Soetta, Tangerang, Selasa (15/6/2021).

Dijelaskan Holik, kegiatan disinfeksi tersebut bertujuan untuk melakukan mitigasi atau mencegah terjadinya penyebaran di wilayah Bandara Soekarno-Hatta khususnya di Terminal Kargo.

"Selain di terminal (penumpang), kami juga tentu harus melakukan penyemprotan di Kargo juga," ujarnya.

 

Terapkan Protokoler Kesehatan

Menurut Holik, seluruh instansi dan perusahaan di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta secara rutin melakukan disinfeksi di area kerja dan menerapkan protokol kesehatan. 

Namun, PT Angkasa Pura II selaku pengelola Bandara Soetta melakukan disinfeksi serentak secara keseluruhan di kawasan Terminal Kargo. 

"Pada intinya, instansi yang ada di kargo secara rutin pun sudah melakukan (disinfeksi), tapi kami tetap untuk di area kawasan kargo ini kami lakukan. Saat ini dilakukan penyemprotan disinfektan dengan mobil PK 1 unit kita gerakkan dan untuk area perkantoran di dalam itu dengan sprayer manual ada 6 orang yang dilengkapi dengan pakaian standard yaitu hazmat dan perlengkapan lainnya," jelas Holik.

Dengan adanya kegiatan disinfeksi secara rutin ini, Holik berharap dapat menekan penyebaran Covid-19  di kawasan Bandara Soekarno-Hatta, khususnya kargo. 

"Sehingga pekerja bisa lebih merasa aman dan nyaman. Memang saat ini penyebaran Covid masih tinggi, baik itu di wilayah DKI Jakarta dan Tangerang.  Nah, di Bandara Soekarno-Hatta ini adalah mitigasi atau langkah antisipasi kita untuk menekan penyebaran tersebut," ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓