Sukses

Kompaknya Puan dan Gibran saat Berkeliling Kota Solo

Selama kunjungan itu, Puan ditemani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat berkeliling dalam satu mobil.

Liputan6.com, Jakarta Ketua DPR RI Puan Maharani melakukan kunjungan kerja di Kota Solo, Jawa Tengah, Sabtu (12/6/2021). Selama kunjungan itu, Puan ditemani Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka saat berkeliling dalam satu mobil.

Setibanya di Solo pada Sabtu siang, Puan dan Gibran langsung meninjau proses rehabilitasi Pasar Legi. Pasar itu terbakar pada 2018 dan ditargetkan selesai direhabilitasi pada Oktober 2021.

Dari Pasar Legi, keduanya menuju Balai Kota Solo dalam rangka meninjau proses vaksinasi untuk guru, warga lansia, difabel, pedagang kaki lima, pelaku pariwisata, pekerja media, dan kelompok masyarakat lainnya.

Puan memberikan 20.000 dosis vaksin untuk warga Jawa Tengah, khususnya Solo, Boyolali, Klaten, dan Sukoharjo. Pelaksanaan vaksinasi di empat daerah di Jawa Tengah itu dilakukan serentak.

"Saya sebagai Ketua DPR RI memantau betul kegiatan vaksinasi yang sekarang sedang berjalan di seluruh Indonesia," kata Puan dalam keterangannya, Minggu (13/6/2021).

"Ini untuk mendorong percepatan vaksinasi. Karena harus dilakukan percepatan vaksinasi supaya Covid-19 bisa lebih cepat dikendalikan, demi memutus penyebaran virus corona," sambungnya.

Di lokasi vaksinasi, Puan dan Gibran meninjau bilik-bilik penyuntikan vaksin, lalu menyapa tenaga kesehatan dan peserta vaksinasi. Pada kesempatan itu, Gibran melaporkan kepada Puan mengenai proses vaksinasi di Solo, dan langkah-langkah pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan sangat ketat.

"Mas Wali Kota bilang, Solo melarang adanya jamuan-jamuan, itu penting. Ekonomi penting, tapi yang penting keselamatan kita," ungkap Puan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kunjungi Pasar dan Museum

Setelah meninjau proses vaksinasi, Puan dan Gibran berkunjung ke Pasar Gede. Selain melihat aktivitas perekonomian warga, Puan juga berdialog dan membeli aneka makanan tradisional. Dari kunjungannya ke Pasar Gede, Puan mengetahui bahwa rata-rata pedagang di pasar itu sudah dua kali divaksin.

Dari Pasar Gede, Puan dan Gibran menikmati Bakmi Mbah Mangoen di Kota Barat, Solo. Kemudian Puan dan Gibran mengunjungi Batik Keris, dan mengunjungi De Colomadu, bekas pabrik gula dan penggilingan tebu yang kini menjadi museum.

Di museum De Colomadu, Gibran menjelaskan sejarah museum tersebut kepada Puan, sejak menjadi pabrik gula hingga kini menjadi destinasi wisata.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.