Sukses

Puan Maharani: Pemda Jangan Sembunyikan Kondisi Covid-19 di Wilayahnya

Puan meminta kepala daerah terbuka dan jujur terkait kondisi penanganan Covid-19 di wilayahnya.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta seluruh pemerintah daerah (Pemda) selalu terbuka terkait data Covid-19 di daerahnya. Puan menyebut, data jujur atau real diperlukan untuk penanganan tepat apabila ada lonjakan kasus virus corona.

“Kepala daerah harus bisa secara terbuka menyampaikan laporan terkait kondisi wilayahnya, sejujur-jujurnya. Kalau daerahnya memang punya masalah terkait penanganan Covid-19 sebaiknya segera sampaikan,” kata Puan dalam video yang diterima saat kunjungannya ke Solo, Minggu (13/6/2021).

Politikus PDI Perjuangan itu mengingatkan kepala daerah jangan pernah menyembunyikan data Covid-19.

“Jangan kemudian menyembunyikan kondisi wilayahnya. Karena kalau sudah parah kemudian tidak bisa kita lakukan antisipasi dan mitigasi,” tegasnya.

Selain penerapan protokol kesehatan 3M, Puan meminta masyarakat mau segera divaksinasi, sebab itulah syarat untuk mengendalikan penyebaran Covid-19.

“Jangan takut divaksin, Insyaallah dengan divaksin itu menambah kekebalan. Tapi bukan berarti kita enggak akan terpapar, karenanya tetap menjaga protokol kesehatan itu penting. Pakai masker, cuci tangan dengan sabun, kalau enggak ada sabun pakai hand sanitizer,” ujarnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kasus di Kudus Jangan Terjadi di Daerah Lain

Puan pun mengingatkan agar lonjakan kasus di Kudus, Jawa Tegah tidak terjadi di daerah lain.

“Sini di daerah Kudus dan sekitarnya terjadi lonjakan pasien. Saya harus sampaikan secara terbuka bahwa lonjakannya itu sudah hampir susah dikendalikan,” tandasnya.

3 dari 3 halaman

Infografis Lonjakan Kasus Covid-19 di Kudus hingga Bangkalan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.