Sukses

Top 3 News: Kala Megawati Pertanyakan soal Indonesia Dijajah Selama 350 Tahun

Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri mempertanyakan apakah benar Indonesia dijajah selama 350 tahun.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 news hari ini terkait Presiden kelima RI, Megawati Soekarnoputri yang mempertanyakan apakah benar Indonesia dijajah selama 350 tahun.

Pertanyaan itu dilontarkan Megawati saat membacakan pidato ilmiahnya usai meraih gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan (Unhan) RI.

Megawati merasa janggal. Sebab dia menilai, tidak ada kelompok masyarakat yang mau dijajah selama itu, termasuk bangsa Indonesia.

Kemudian, Ketua Umum PDI Perjuangan itu menjawab kabar viral terkait karya ilmiahnya yang dianggap lebih banyak memberikan puji-pujian terhadap dirinya sendiri.

Karya ilmiah Megawati yang berjudul Kepemimpinan Presiden Megawati Pada Era Krisis Multidimensi, 2001-2004 itu dibuat sebagai syarat pemberian gelar profesor kehormatan.

Dalam orasinya usai mendapat gelar tersebut, Megawati menyebut dirinya tidak membutuhkan puji-pujian. Sebagai anak proklamator kemerdekaan, dan presiden RI, Mega mengaku sudah ‘kenyang’ dengan hal itu.

Berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com adalah terkait kebakaran yang terjadi di kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah (Jateng).

Kebakaran itu terjadi sekira pukul 19.45 WIB pada Jumat 11 Juni 2021. Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran di kawasan Kilang Pertamina Cilacap itu terjadi di tangki 39 Paraxyline Pertamina Refenery Unit (RU) 4 Cilacap.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Sabtu 12 Juni 2021:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Megawati: Apa Iya Indonesia Dijajah Selama 350 Tahun?

Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri memunculkan pertanyan, apakah benar Indonesia dijajah selama 350 tahun. Hal itu dilontarkan Megawati saat membacakan pidato ilmiahnya saat disandangkan gelar profesor kehormatan oleh Universitas Pertahanan.

"Saya sering bertemu dengan para ahli sejarah, saya sampai bilang begini, tolong dong diperiksa kembali apakah benar kita dijajah 350 tahun?" kata Megawati di Universitas Pertahanan, Sentul, Bogor, Jumat, 11 Juni 2021.

Megawati merasa janggal sebab tidak ada kelompok masyarakat yang mau dijajah selama itu, termasuk bangsa Indonesia. Karenanya dia meminta kepada para sejarawan untuk dapat memastikan bagaimana menghitung masa penjajahan penjajah terhadap Indonesia.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

4 Jawaban Megawati soal Karya Ilmiah Disebut Puji Diri Sendiri

Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri menerima gelar profesor kehormatan dari Universitas Pertahanan Republik Indonesia (Unhan RI) pada Jumat 11 Juni 2021.

Namun sebelum akhirnya gelar itu resmi diberikan kepada Megawati, beredar kabar viral terkait karya ilmiahnya yang dianggap lebih banyak memberikan puji-pujian terhadap dirinya sendiri.

Karya ilmiah Megawati yang berjudul Kepemimpinan Presiden Megawati Pada Era Krisis Multidimensi, 2001-2004 itu dibuat sebagai syarat pemberian gelar profesor kehormatan.

Megawati pun menjawab. Dalam orasinya usai mendapat gelar tersebut, ia menyebut dirinya tidak membutuhkan puji-pujian. Sebagai anak proklamator kemerdekaan, dan presiden RI, Mega mengaku sudah ‘kenyang’ dengan hal itu.

"Saya baru lahir sudah dijaga, dari bayi. Jadi kalau saya dibilang, saya mau muji-muji diri, saya sudah kenyang. Jadi presiden sudah, anak presiden udah, alhamdulillah.." ucap Mega dalam orasi ilmiahnya yang digelas di Aula Merah Putih Universitas Pertahanan, Bogor, Jawa Barat, Jumat 11 Juni 2021.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

4 Fakta Kebakaran Kilang Pertamina di Cilacap

Kilang Pertamina di Cilacap, Jawa Tengah kebakaran sekira pukul 19.45 WIB pada Jumat 11 Juni 2021 kemarin.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, kebakaran di kawasan Kilang Pertamina Cilacap itu terjadi di tangki 39 Paraxyline Pertamina Refenery Unit (RU) 4 Cilacap.

"Benar," kata Humas Basarnas Cilacap Saeful Anwar melalui pesan elektronik, Jumat malam, 11 Juni 2021.

PT Pertamina (Persero) pun memastikan kebakaran yang terjadi di area Kilang Cilacap berhasil dipadamkan hingga Minggu pagi 12 Juni 2021 tadi.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Pertemuan Prabowo dan Megawati

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.