Sukses

Gus Menteri Hadiri Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini di Gorontalo

Teluk Tomini tepat berada di jantung segitiga karang dunia.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menghadiri acara Regional Meeting Kawasan Teluk Tomini dan Maluku Utara yang digelar di Universitas Negeri Gorontalo.

Kawasan Teluk Tomini merupakan teluk terbesar di Indonesia, dengan luas perairan mencapai 137.700 KM2, dan memiliki garis pantai sepanjang hingga 1.350 KM yang melingkupi tiga provinsi yaitu Sulawesi Utara, Sulawesi Tengah dan Gorontalo.

Adapun acara Regional Meeting yang bertajuk "Revitalisasi Kawasan Teluk Tomini untuk Pengembangan Ekonomi dan Investasi Perdesaan" itu digelar dalam rangka mengembangkan Teluk Tomini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) berbasis perdesaan.

"Teluk Tomini tepat berada di jantung segitiga karang dunia atau heart of the coral triangle, tepat berada di garis khatulistiwa, karenanya, Teluk Tomini memiliki peran penting bukan hanya bagi Indonesia tapi juga bagi Dunia," kata Gus Menteri di Gorontalo, Sabtu (12/06/2021).

Gus Menteri berharap, kegiatan yang dihadiri oleh kepala-kepala daerah di Gorontalo itu menjadi bagian dari upaya pemulihan ekonomi nasional serta pencapaian Tujuan pembangunan berkelanjutan.

"Untuk itulah, saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak yang terlibat dan berkenan menjalin kerjasama, bersinergi dalam pengembangan Kawasan Ekonomi Khusus Berbasis Perdesaan di Teluk Tomini ini," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara tersebut yakni Wakil Ketua DPR RI Abdul Muhaimin Iskandar atau Gus AMI; Wakil Ketua MPR RI Jazilul Fawaid dan Lestari Moerdijat; Ketua Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Agung Firman Sampurna.

Selanjutnya, hadir secara virtual Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu Trenggono; Plh Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kemendagri, Sri Purwaningsih; Staf Ahli Bidang Pengembangan Sektor Inovasi Prioritas Kementerian Investasi, Aries Indranarto; Plt Direktur Regional II Bapenas, Mohammad Roudo.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.