Megawati Dinilai Masih Berpeluang Maju Pilpres 2024, Ini Alasannya

Oleh Bam Sinulingga pada 12 Jun 2021, 16:42 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 16:42 WIB
Megawati Sukarnoputri
Perbesar
Ketua Umum DPP PDIP, Megawati Sukarnoputri (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri mendapat dukungan untuk kembali maju di Pilpres 2024. Megawati dinilai berpeluang di kontestasi lima tahunan tersebut lantaran tidak ada calon dari incumbent.

"PDI Perjuangan memiliki 128 kursi di DPR RI, sedangkan syarat untuk tiket pilpres atau presidensial threshold adalah 115 kursi (20% dari jumlah kursi di DPR RI). Artinya, PDI Perjuangan adalah satu-satunya partai yang sudah siap tiket di Pilpres," kata Direktur Pro Mega Centre, Mochtar Mohammad, Sabtu (12/6/2021). Pro Mega Centre adalah salah satu relawan yang mendukung Megawati.

Pria yang akrab disapa M2 itu menyampaikan beberapa alasan kuat mengapa Megawati masih berpeluang maju di pilpres 2024. Salah satunya adalah Megawati sebagai pemegang hak prerogatif atau tiket pencalonan di pilpres 2024 sebagaimana hasil kongres V di Bali tahun 2019.

Menurut Mochtar, Megawati merupakan figur sentral dan memiliki posisi sebagai 'king maker' yang sangat disegani seluruh partai politik, terutama koalisi pemerintah.

"Beliau berpengalaman menjadi Presiden dan berhasil mengatasi krisis ekonomi dampak dari krisis ekonomi tahun 1998," ujar politisi senior PDI Perjuangan itu.

Selain itu, dia menilai kinerja Megawati bersama Presiden Joko Widodo juga akan berpotensi menggalang koalisi besar. Terlebih partai-partai besar saat ini sudah menjadi partai pendukung pemerintah.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Semangat gotong royong kader akan semakin masif

Mochtar Mohammad pun yakin pencalonan Megawati akan mempercepat proses konsolidasi organisasi, yang pada gilirannya akan meningkatkan perolehan kursi PDI Perjuangan di semua tingkatan.

"Sebab dengan majunya ibu Megawati, semangat gotong royong kader akan semakin masif dan militan, seperti terjadi di Pemilu 1999," tegas M2.

Ia menambahkan, saat ini konsolidasi PDI Perjuangan sudah hampir rampung 100 persen. Mulai dari tingkat DPC kota/kabupaten, PAC (tingkat kecamatan), ranting (tingkat desa/kelurahan), hingga anak ranting (tingkat RT/RW).

"Targetnya tahun ini sudah selesai. Artinya, organ atau pasukan itu lebih siap dibanding pemilu-pemilu sebelumnya. Saat ini partai yang paling disiplin organisasi adalah PDI Perjuangan," tandasnya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓