Sukses

4.507 Pasien Covid-19 Dirawat di RSD Wisma Atlet Kemayoran per 12 Juni 2021

Pasien Covid-19 yang sedang rawat inap di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta menembus jumlah 4.507 pasien pada Sabtu pagi (12/6/2021).

Liputan6.com, Jakarta - Pasien Covid-19 yang sedang rawat inap di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta menembus jumlah 4.507 pasien pada Sabtu pagi (12/6/2021).

Berdasarkan data dari Komando Tugas Gabungan Terpadu (Kogasgabpad) RSD Wisma Atlet Kemayoran, penambahan pasien sebagian besar dari kaum perempuan. Yakni 222 untuk pasien perempuan dan 215 bagi pasien laki-laki.

Sementara itu untuk proporsi keseluruhan, pasien perempuan juga tetap mendominasi, yani 2.350 banding 2.157 untuk pasien laki-laki.

Dengan penambahan jumlah pasien ini, pihak Kogasgabpad menyatakan bahwa hal itu menunjukkan perlunya peningkatan perawatan secara intensif di Wisma Atlet dan penekanan terhadap protokol kesehatan sehingga mempercepat penyembuhan pasien yang sedang dirawat. Hal itu diharapkan akan dapat terjadi pengurangan jumlah pasien yang signifikan.

Jumlah pasien sembuh juga mengalami peningkatan, yakni 170 orang. Sehingga total pasien yang telah sembuh dari RSD Wisma Atlet Kemayoran ada 84.923 pasien.

Kogasgabpad juga melaporkan ada satu pasien meninggal dunia pada pagi ini. Sehingga total pasien meninggal mencapai 90 orang.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pasien Covid-19 di RSD Wisma Atlet Meningkat, Satgas: Ini Gawat

Juru bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Bakti Bawono Adisasmito mengatakan, pasien Covid-19 yang rawat inap di Rumah Sakit Darurat (RSD) Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta Pusat, terus meningkat. Bahkan, BOR di RSD tersebut sudah mencapai 67,05 persen.

"Hal ini dapat menggambarkan kegawatan yang terjadi karena semakin tinggi pasien harian yang masuk maka semakin menunjukkan kegawatan situasi," kata Wiku dalam konferensi pers yang disiarkan melalui YouTube BNPB Indonesia, Jumat (11/6/2021).

Wiku menjelaskan, data Jumat 11 Juni 2021 per pukul 06.00 WIB, ada 574 pasien Covid-19 masuk ke RSD Wisma Atlet Kemayoran. Padahal sebelumnya, pasien Covid-19 yang masuk ke tempat isolasi terpusat itu hanya 125 orang dalam sehari.

"Artinya, kenaikannya mencapai 359 persen," ujar Wiku.

Dia mencatat, pada 8 Juni 2021, pasien Covid-19 yang masuk ke RSD Wisma Atlet Kemayoran didominasi dari Kecamatan Cipayung, Ciracas, dan Pasar Minggu. Dia berharap, kepala daerah segera mengambil langkah cepat untuk mencegah penuhnya RSD Wisma Atlet Kemayoran.

"Adanya peningkatan pasien masuk harian yang diikuti peningkatan BOR di Wisma Atlet tentunya menjadi alarm keras bagi kita untuk tidak bisa terus mengandalkan Wisma Atlet sebagai buffer dari fasilitas pelayanan pasien Covid-19," ujarnya.

"Antisipasi kenaikan kasus dan peningkatan BOR di wilayah DKI Jakarta dan sekitarnya harus tetap dilakukan agar dapat meminimalisir kemungkinan penuhnya RS dan Wisma Atlet secara bersamaan dan pasien Covid-19 tidak dapat ditangani," ujar Wiku.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.