Megawati: Apa Iya Indonesia Dijajah Selama 350 Tahun?

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 12 Jun 2021, 02:16 WIB
Diperbarui 12 Jun 2021, 02:16 WIB
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri
Perbesar
Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri di Akademi Militer Magelang. (Liputan6.com/Putu Merta Surya Putra)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri memunculkan pertanyan, apakah benar Indonesia dijajah selama 350 tahun. Hal itu dilontarkan Megawati saat membacakan pidato ilmiahnya saat disandangkan gelar profesor kehormatan oleh Universitas Pertahanan.

"Saya sering bertemu dengan para ahli sejarah, saya sampai bilang begini, tolong dong diperiksa kembali apakah benar kita dijajah 350 tahun?" kata Megawati di Universitas Pertahanan, Sentul, Bogor, Jumat (11/6/2021).

Megawati merasa janggal sebab tidak ada kelompok masyarakat yang mau dijajah selama itu, termasuk bangsa Indonesia. Karenanya dia meminta kepada para sejarawan untuk dapat memastikan bagaimana menghitung masa penjajahan penjajah terhadap Indonesia.

"Kok orang yang dijajahnya seneng banget ya? 350 tahun saya bilang,memang apa iya? kalau saya lihat masa perjuangan sebelum kemerdekaan kan kita sporadis ya, apakah dihitung tidak runtun, tahun ini umpamanya Pangeran Diponegoro 1825-1830, begitu apa ya? saya kurang tahu bagaimana sampai dengan kesimpulan kita terjajah 350 tahun," heran Megawati.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Prabowo Disebut Setuju

Megawati pun melontarkan pemikirannya tersebut ke hadirin yang ada di acara tersebut. Salah satunya dia menyebut nama Menteri Pertahanan Prabowo Subianto yang diyakininya sependapat dengan dirinya

"Tentu Pak Prabowo juga setuju, kok enak temen? enak amat ya? Saya kalau mungkin sudah lahir di sana, saya ikut berontak," Megawati menandasi.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓