Jokowi: Ibu Megawati Sangat Teruji Perjuangkan Nasib Wong Cilik

Oleh Lizsa Egeham pada 11 Jun 2021, 19:48 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 19:48 WIB
Bersama Megawati, Jokowi Beri Arahan Pembumian Pancasila
Perbesar
Presiden Joko Widodo (tengah) bersama Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) dan Ketua Dewan Pengarah BPIP Megawati Soekarnoputri (kiri) saat Presidential Lecture Internalisasi dan Pembumian Pancasila di Istana Negara, Jakarta, Selasa (3/12/2019). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menyebut Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri dikenal sebagai pemimpin yang berperan penting dalam mendorong serta mengawal reformasi besar dalam tata politik dan pemerintahan Indonesia. Bukan hanya itu, dia mengatakan Ketua Umum PDIP itu sejak dulu konsisten dalam memperjuangkan nasib rakyat kecil.

"Keteguhan dan konsistensi Beliau sudah sangat teruji dalam memperjuangkan nasib wong cilik, dalam memperjuangkan demokrasi dan hak hak rakyat serta dalam menjaga dan memperjuangkan kedaulatan negara," ujar Jokowi dalam acara penganugerahan gelar Profesor Kehormatan kepada Megawati di Universitas Pertahanan, Jumat (11/6/2021).

Selain itu, dia menyampaikan Megawati adalah simbol keberanian untuk memperjuangkan hak-hak politik rakyat serta membangkitkan gerakan politik masyarakat bawah. Khususnya, gerakan politik wong cilik yang sedang memperjuangkan haknya.

Jokowi menilai Ketua Umum Badan Pembinaan Ideologi Pancasila itu telah memberikan contoh yang baik bahwa seorang politisi tak harus berada di dalam pemerintahan. Menurut dia, sejumlah kebijakan strategis lahir di era kepemimpinan Megawati.

"Mulai dari ekonomi kerakyatan, lahirnya UU sistem jaminan sosial nasional, lahirnya Perppu dan UU Antiterorisme, lahirnya UU KPK, dan masih banyak lagi," ucap Jokowi.

Dia menuturkan, sejumlah kebijakan itu menunjukan kepemimpinan strategis Megawati dalam membela kepentingan rakyat, memperjuangkan demokrasi dan antikorupsi. Jokowi mengakui bahwa karakter kepemimpinan seperti ini sangat dibutuhkan oleh setiap pemimpin.

 

Belajar dari Pemimpin Terdahulu

Terlebih, saat bangsa dan negara menghadapi tantangan dan hambatan yang berat. Termasuk, ketika negara menghadapi hyper kompetisi global dan pandemi seperti saat ini dimana ketangguhan Indonesia sebagai negara besar diuji.

"Kita harus belajar dari pemimpin terdahulu termasuk Ibu Megawati agar mampu melewati semua ujian dan rintangan dengan sangat baik," tutur Jokowi.

 

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓