Sukses

Ketua Satgas Covid-19 Tinjau RS Lapangan Indrapura, Pastikan Kesiapan Antisipasi Lonjakan Kasus

Ganip mengatakan, pandemi Covid-19 bukan hanya masalah kesehatan. Tetapi juga menyangkut berbagai aspek mulai sosial, ekonomi, politik, hukum, dan keamanan.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Ganip Warsito meninjau Rumah Sakit (RS) Lapangan Kogabwilhan II Indrapura, Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur. Peninjauan ini untuk memastikan kesiapan tim, sarana, dan prasarana dalam mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di wilayah Jawa Timur.

Khususnya lonjakan kasus di Kota Surabaya dan Kabupaten Bangkalan, Madura.

"Untuk memastikan kesiapan RS Lapangan ini dalam menghadapi lonjakan kasus Covid-19 yang terjadi di Jawa Timur khususnya Surabaya akibat dari kejadian atau lonjakan yang terjadi di Bangkalan," ujarnya, Jumat (11/6/2021).

Selain mempersiapkan RS Lapangan, Ganip menyebut telah melakukan penyekatan wilayah di Jawa Timur. Tim lintas sektor bersama unsur relawan, TNI dan Polri diterjunkan untuk mengawasi penyekatan.

Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ini menambahkan, tokoh-tokoh masyarakat di Jawa Timur juga dilibatkan untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19. Tokoh masyarakat akan memberikan pemahaman dan literasi kepada masyarakat mengenai perubahan perilaku.

Mantan Kepala Staf Umum TNI ini mengatakan, pandemi Covid-19 bukan hanya masalah kesehatan. Tetapi juga menyangkut berbagai aspek mulai sosial, ekonomi, politik, hukum, dan keamanan.

"Karena itu, pengendalian ini harus kita lakukan bersama-sama," ucap Ganip.

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Daya Tampung RS Lapangan Indrapura

Berdasarkan data Satgas Jawa Timur per 11 Juni 2021, RS Lapangan Indrapura yang mulai beroperasi sejak 26 Mei 2020 telah menangani 7.723 pasien Covid-19. Sebanyak 7.157 di antaranya telah sembuh, 266 masih dirawat dan meninggal 1 orang.

Adapun daya tampung RS Lapangan mencapai 400 tempat tidur dan saat ini terisi sebanyak 266 pasien.

Sementara itu, menurut data Relawan Pendamping RS Lapangan Indrapura, sedikitnya ada 13.167 PMI yang masuk Surabaya dari beberapa negara seperti Malaysia, Singapura, Brunei Darrussalam, Hongkong, Taiwan, Amerika Serikat, Turki hingga negara Timur Tengah.

Dari jumlah tersebut, 175 di antaranya terkonfirmasi positif Covid-19 dan telah dirawat di RSLI dengan rincian 95 orang sudah dinyatakan sembuh dan 80 lainnya masih dirawat.

Kemudian untuk Klaster Madura, RS Lapangan Indrapura telah menerima s4 pasien dari penyekatan Madura dengan rincian 83 laki-laki dan 31 perempuan.

Adapun yang sedang dirawat ada sebanyak 110 dan 4 lainnya dirujuk ke faskes lainnya. Hingga saat ini dinyatakan tidak ada varian baru yang ditangani RS Lapangan Indrapura.

 

Reporter: Titin Supriatin

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.