Kelabui Petugas, Pasien Covid-19 di Kota Bogor Kabur dari Pusat Isolasi BPKP

Oleh Achmad Sudarno pada 11 Jun 2021, 13:12 WIB
Diperbarui 11 Jun 2021, 13:16 WIB
bogor
Perbesar
Perumahan Griya Melati, Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor yang kini menjadi zona merah Covid-19. (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

Liputan6.com, Jakarta Seorang pasien Covid-19 di Kota Bogor kabur dari Pusat Isolasi Pusdiklatwas BPKP Ciawi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Kamis (10/6/2021). Pasien yang kabur diketahui berusia 60 tahun, warga Kelurahan Pasir Jaya, Kecamatan Bogor Barat, Kota Bogor.

Plt Camat Bogor Barat, Irman Khaerudin membenarkan ada warganya yang kabur saat menjalani karantina di Pusdiklatwas BPKP Ciawi.

Menurutnya, pasien tersebut kabur dengan cara mengelabui petugas. Ia beralasan hendak dijemput karena telah selesai menjalani masa karantina.

"Saya terima laporan dari Bu Lurah. Setelah ditelusuri katanya dia (pasien) ngomong ke penjaganya sedang menunggu jemputan, dan sudah selesai isolasi," ucap Irman, Jumat (11/6/2021).

Saat ini, Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor sedang mencari keberadaan pria paruh baya itu. Saat disambangi ke rumahnya, petugas tidak menemukan pasien tersebut.

"Anak-anaknya juga sudah nyari, tapi belum nemuin. Kami juga sudah meminta warga dan seluruh RW Siaga untuk nyari sampai ketemu," kata dia.

Irman menjelaskan, pria berinisial B itu sebelumnya dilaporkan terpapar Covid-19 setelah menjalani pemeriksaan PCR oleh petugas puskesmas. Kemungkinan pria itu tertular Covid-19 karena kontak erat dengan orang yang positif virus corona.

"Dia dinyatakan terpapar hasil tracing Puskesmas," kata Irman.

Setelah dinyatakan positif terpapar Covid-19, dia menyarankan agar dikarantina ke BPKP Ciawi, mengingat rumahnya kurang representatif untuk dijadikan tempat isolasi. Apalagi, keluarganya telah dinyatakan negatif Covid-19.

"Kemudian hari Minggu dibawa untuk menjalani karantina di BPKP," ujar Irman.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Respons Wali Kota Bogor

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengaku sudah mendapatkan laporan terkait salah satu warganya yang melarikan diri dari pusat Isolasi BPKP Ciawi. Saat ini, tim Satgas Covid-19 Kota Bogor tengah menelusuri keberadaan yang bersangkutan.

"Sedang saya telusuri," singkat Bima Arya.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓