Sukses

Megawati Sampaikan Orasi Ilmiah soal Capaiannya Saat Jadi Presiden Sebelum Pengukuhan Profesor

Hasto mengungkap, orasi ilmiah disampaikan terkait pemerintahan Indonesia yang dipimpin Megawati pada 2001-2004.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Kelima Indonesia, Megawati Soekarnoputri akan menyampaikan orasi ilmiahnya sebelum pengukuhan jabatan Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan.

"Ibu Megawati akan menyampaikan orasi ilmiah sebelum dikukuhkan," tulis Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristianto dalam pesan singkat diterima, Jumat (11/6/2021).

Hasto mengungkap, orasi ilmiah disampaikan terkait pemerintahan Indonesia yang dipimpin Megawati pada 2001-2004. Megawati akan menggambarkan bagaimana cara dia saat menghadapi krisis multidimensi saat itu dan kemampuannya untuk bangkit dan mendapat kepercayaan baik dari dalam maupun luar negeri.

"Hal itu ditambah lagi dengan kiprah Megawati selama ini termasuk dalam memimpin PDIP," jelas Hasto.

Hasto mengungkap, apa yang dilakukan Megawati mendorong sejumlah Guru Besar dari dalam dan luar negeri untuk mengusulkan pemberian gelar Profesor Kehormatan tersebut. Dia menyatakan, hal itu membuat kebanggaan tersendiri bagi para kader atas pencapaian sang ketua umumnya.

"Ibu Megawati telah menerima sembilan gelar Doktor Honoris Causa dari dalam dan luar negeri. Atas seluruh penganugerahan ini, PDI Perjuangan bangga dibawah kepemimpinan Beliau,” bangga Hasto.

Hasto meyakini, kepemimpinan dan capaian Megawati yang sangat kuat dan penuh tanggung jawab adalah berbeda daripada lainnya. Salah satunya adalah kaderisasi para pemimpin nasional dan daerah untuk masa depan bangsa.

"Beliau mempersiapkan calon pemimpin nasional bagi masa depan dan juga pemimpin di berbagai daerah," Hasto menandasi.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Dihadiri Prabowo Subianto

Diketahui, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri hari ini dijadwalkan akan dikukuhkan sebagai Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Universitas Pertahanan RI (Unhan RI). Pada momen itu, tiga putera-puterinya akan ikut menyaksikan secara langsung penganugerahan yang digelar di Aula Merah Putih, Unhan, Bogor.

Mereka adalah Mohammad Rizki Pratama, Mohammad Prananda Prabowo dan Puan Maharani.

Acara dimulai pukul 13.30 WIB dan dibuka dengan sidang senat terbuka dalam rangka pengukuhan jabatan Profesor Kehormatan (Guru Besar Tidak Tetap) Ilmu Pertahanan Bidang Kepemimpinan Strategik pada Fakultas Strategi Pertahanan kepada Megawati Soekarnoputri.

Acara ini akan dihadiri sejumlah pejabat negara serta Menteri Kabinet Jokowi, seperti Menteri Pertahanan Prabowo Subianto serta undangan lainnya. Dalam pelaksanaanya, Unhan menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat.

Berdasarkan urutan acara, usai pembacaan Surat Keputusan Mendikbudristek, dilanjutkan dengan pembacaan riwayat hidup Megawati Soekarnoputri dan pemutaran video profil secara singkat.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • Unhan