Sukses

Kedepankan Keterbukaan dan Transparansi, Bea Cukai Bersinergi lewat Kunjungan Kerja

Sebagai wujud nyata bentuk keterbukaan dan transparansi kepada seluruh instansi dalam mewujudkan sinergi dan kolaborasi, Bea Cukai melakukan dan menerima kunjungan kerja dari berbagai instansi.

Liputan6.com, Jakarta Sebagai wujud nyata bentuk keterbukaan dan transparansi kepada seluruh instansi dalam mewujudkan sinergi dan kolaborasi, Bea Cukai melakukan dan menerima kunjungan kerja dari berbagai instansi.

Kunjungan kerja kali ini terlaksana di Kanwil Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan (Sulbagsel), Bea Cukai Pantoloan dan Bea Cukai Merak.

Kepala Kantor Wilayah Bea Cukai Sulawesi Bagian Selatan, Parjiya bersama jajarannya menerima kunjungan dari Pusat Penelitian Ekonomi (Economic Research Center) Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Rabu (8/6) sebagai giat penelitian perdagangan dan investasi Indonesia dalam proteksionisme global tahun 2021.

“Kunjungan Tim LIPI kali ini tentu sangat berarti bagi kami, sebagai penyelenggara kebijakan dari kantor pusat,” kata Parjiya.

Saat ini, kata Parjiya, Bea Cukai Sulbagsel menjadi satu dari sekian organisasi yang menjadi bagian dari penelitian LIPI di lima tahun ke depan (2020-2025). Tujuan utama program ini adalah untuk mengetahui negara potensial yang sekiranya dapat menjadi mitra dagang di waktu mendatang.

“Kita selalu terbuka dan siap untuk bersinergi dan bekerja sama,” ujar Parjiya.

Sementara itu, Kepala Kantor Bea Cukai Pantoloan, Alimuddin Lisaw melakukan kunjungan kerja yang diterima langsung oleh Gubernur Provinsi Sulawesi Tengah, Longki Djanggola untuk menyampaikan terkait perkembangan kinerja ekspor daerah di Sulawesi Tengah.

"Kami atas nama Pemerintah Provinsi menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya atas segala dedikasi dan kontribusi yang diberikan oleh Bea Cukai untuk Sulawesi Tengah," ungkap Longki.

Dari wilayah Banten, Bea Cukai Merak juga kedatangan tamu dari Kedutaan Besar Malaysia, Mohd Syukri Ahmad yang merupakan Atase Kastam Diraja Malaysia. Adapun maksud kunjungan kerja ini ialah untuk menjalin sinergi serta hubungan baik antara Jabatan Kastam Diraja Malaysia (JKDM) dengan Bea Cukai.

Kepala Kantor Bea Cukai Merak, Dwi Restu Nugroho menjelaskan proses bisnis di Bea Cukai Merak, kegiatan ekspor impor ke dan dari Malaysia melalui Merak, dan harapan serta kerjasama antara kedua belah pihak, sekaligus mengajak Atase Kastam Diraja Malaysia untuk melaksanakan peninjauan fasilitas kantor Bea Cukai Merak.

“Dengan adanya kunjungan kerja ini semoga dapat bermanfaat untuk mempererat hubungan kerja sama kepabeanan antara JKDM dan Bea Cukai,” harap Dwi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini