Sukses

Infografis Jangan Sembarangan Pakai Masker Dobel

Memakai masker dobel kerap dilakukan sebagai perlindungan ekstra dari risiko penularan Covid-19. Tapi jangan sembarangan pakai. Salah-salah malah mengganggu fungsi masker.

Liputan6.com, Jakarta - Memakai masker dobel kerap dilakukan sebagai perlindungan ekstra dari risiko penularan Covid-19. Tapi jangan sembarangan pakai. Salah-salah malah mengganggu fungsi masker.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19 Prof Wiku Adisasmito mengingatkan masyarakat jangan menggabungkan 2 masker medis secara bersamaan. Sebab, masker medis tidak dirancang untuk digunakan 2 lapis secara bersamaan. Justru tidak meningkatkan kemampuan filtrasi.

Jenis masker KN95 juga tidak disarankan untuk digunakan rangkap. Baik dengan jenis masker yang sama atau berbeda sebagai lapisan pertama atau kedua.

Nah, sedangkan masker medis bisa digunakan dobel dengan masker kain. Ini bisa meningkatkan fungsinya dan telah dibuktikan dalam penelitian. Masker medis bisa dijadikan lapisan pertama, kemudian dirangkap dengan masker kain.

Kombinasi masker medis dengan masker kain memberikan perlindungan jauh lebih baik bagi pemakainya dan orang lain. Ini lebih maksimal dibandingkan memakai masker kain saja atau masker medis saja.

Jadi jangan lagi sembarangan memakai masker dobel. Bagaimana cara memakai masker dobel yang aman? Simak Infografis berikut ini:

Video Pilihan

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Infografis

3 dari 3 halaman

Yuk Dipatuhi

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.