Sukses

Cerita Warga Jakarta Dapatkan Akun Pendaftaran PPDB Online

Seorang warga Jakarta, Tristia Tambun, mengaku baru berhasil mendapatkan akun pendaftaran anaknya yang akan masuk jenjang SMA Senin malam, 7 Juni 2021. Dia mengakses website PPDB sejak pagi.

Liputan6.com, Jakarta - Sistem Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di DKI Jakarta sempat terkendala pada Senin, 7 Juni 2021 atau hari pertama pendaftaran. Website pendaftaran PPDB online sulit diakses oleh pendaftar

Kendala itu pun dirasakan sejumlah wali murid yang akan mendaftarkan anaknya ke jenjang SMP ataupun SMA/SMK. Salah satunya Riko Ahmad, warga Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dia mengaku hari kedua pendaftaran PPDB online, anaknya yang akan masuk ke jenjang SMP baru mendapatkan akun pendaftaran. Sebab, beberapa kali website PPDB susah untuk diakses.

"Dari kemarin pagi, siang, malam belum bisa. Jadi belum punya akun untuk pendaftaran, ini hari kedua sejak Subuh hingga siang beberapa kali coba juga gagal," kata Riko kepada Liputan6.com.

Riko mengaku tidak mengetahui bila ada informasi optimalisasi website PPDB pada Selasa (8/6/2021) pukul 01.30-12.00 WIB. Sebab, website PPDB juga tidak memberikan informasi tersebut.

"Di website-nya enggak ada info apa-apa kalau ada optimalisasi. Mana nyoba dari Subuh, tadi pukul 12.00an WIB mencoba belum bisa, tapi barusan 13.17 WIB alhamdulillah baru bisa diakses," ucap dia.

Sementara itu, Tristia Tambun mengaku Senin malam, 7 Juni 2021 baru berhasil mendaftarkan anaknya yang akan masuk jenjang SMA. Sebelum pembukaan pendaftaran hari pertamanya atau pukul 08.00 WIB, dia bersama putrinya telah mempersiapkan laptop dan internet.

Namun, beberapa kali mencoba akses website PPDB meminta dia untuk terus mencoba.

"Dari pagi sampai sore, sudah enggak kehitung mencoba pendaftaran tetap saja gagal. Grup Whatsapp wali murid juga penuh keluhan yang sama," ucap dia.

Akhirnya setelah mencoba puluhan kali memasukkan kode keamanan dalam sistem website PPDB, Tristia dapat mendapatkan akun pendaftaran untuk anaknya.

"Puji Tuhan setelah hampir 12 jam nyoba dapat juga akun pendaftaran," jelas dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Pendaftaran PPDB Jalur Prestasi Diperpanjang

Sementara itu, Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Taga Radja, menyatakan Dinas Pendidikan DKI Jakarta akan memperpanjang waktu pendaftaran untuk jalur prestasi jenjang SMA/SMK dan SMP.

"Waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan hari Jumat tanggal 11 Juni 2021 pukul 14.00 WIB," kata Taga dalam keterangan tertulis, Selasa (8/6/2021).

Karena hal itu, dia menyampaikan permintaan maaf atas ketidaknyamanan pendaftar PPDB online di Ibu Kota.

Berdasarkan jadwal yang ada seharusnya pelaksanaan PPDB jalur prestasi berlangsung pada Senin, 7 Juni 2021 pukul 08.00 WIB sampai Rabu, 9 Juni 2021 pukul 14.00 WIB.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyatakan terdapat dua permasalahan yang terjadi terkait sistem pendaftaran PPDB pada Senin 7 Juni 2021.

Kendala yang terjadi, kata Anies, merupakan bagian dari pengembangan yang sedang dilakukan oleh Dinas Pendidikan. Namun, pengembangan tersebut berdampak pada beban yang besar pada sistem PPDB.

"Dilakukan upgrade, sehingga masyarakat dapat mengisi pendaftaran, melakukan revisi, tetapi konsekuensinya itu beban menjadi lebih besar," kata Anies di Gedung Dinas Pendidikan DKI Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Dia menjelaskan, pengembangan sistem PPDB tersebut menjadi lebih dinamis dan real time bila dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal tersebut bertujuan agar masyarakat mendapatkan pelayanan yang lebih baik.

"Karena seringkali ketika melakukan data entry, ternyata ada kekeliruan, dengan sistem yang upgrade-dinamis, maka bila ada perubahan, maka warga pendaftar bisa dengan mudah melakukan perubahan. Kalau dulu tidak, sekarang dilakukan menjadi real time dan dinamis," papar dia.

Lanjut Anies, hal itulah yang diduga menjadi faktor sistem pendaftaran PPDB online sempat mengalami kendala. Kendati begitu, dia mengklaim Dinas Pendidikan langsung melakukan perbaikan.

"Ini kemudian langsung dikoreksi dan sekarang sudah berjalan dengan baik. Jadi, tujuan upgradenya membuat warga lebih mudah, karena seringkali, misalnya memasukan umur, ternyata salah, masukan tanggal salah, sekarang sistem koreksi dibuat lebih cepat," jelas dia.

3 dari 3 halaman

Anies Persilakan Wali Murid Datang ke Sekolah Jika Kesulitan Akses PPDB

Anies Baswedan pun menyatakan, pihaknya telah menyiapkan sejumlah tempat untuk melayani para wali murid yang mengalami kendala saat mengakses website PPDB.

"Silakan datang ke sekolah, silakan datang ke kantor Dinas Pendidikan, jadi, kita membantu warga sesuai dengan kebutuhan mereka masing-masing," kata Anies di Gedung Dinas Pendidikan Jakarta, Selasa (8/6/2021).

Dia berharap, masyarakat dapat mempercayakan mekanisme pendaftaran PPDB. Anies menyebut proses seleksi tetap menggunakan prinsip keadilan.

"Para ibu, para ayah dan adik-adik semua, yakinlah kami akan melakukan semua yang bisa kita kerjakan untuk memastikan Anda bisa mendaftar dengan tenang, prosesnya adil, tidak ada yang dirugikan oleh sistem," ucapnya.

"Jadi, kami ingin pastikan itu, dan Insyaallah adil. Karena ada delay kemarin, maka waktunya juga akan ditambah, sehingga tidak ada yang dirugikan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.