Sukses

Disdik Jakarta Perpanjang PPDB Online Jalur Prestasi sampai 11 Juni 2021

Sebelumnya, sejumlah warga mengaku mengeluhkan server PPDB online lewat jalur prestasi tersebut down.

Liputan6.com, Jakarta - Dinas Pendidikan (Disdik) DKI Jakarta akan memperpanjang waktu pendaftaran Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) untuk jalur prestasi jenjang SMA/SMK dan SMP.

"Waktu pendaftaran akan diperpanjang sampai dengan hari Jumat tanggal 11 Juni 2021 pukul 14.00 WIB," kata Humas Dinas Pendidikan DKI Jakarta Taga Radja dalam keterangan tertulis, Selasa (8/6/2021). 

Berdasarkan jadwal yang ada, seharusnya pelaksanaan PPDB jalur prestasi berlangsung pada Senin, 7 Juni 2021 pukul 08.00 WIB hingga Rabu, 9 Juni pukul 14.00 WIB.

Namun, pada Senin, 7 Juni 2021, pihak Disdik DKI Jakarta menyatakan pelaksanaan PPDB diperpanjang hingga Kamis, 10 Juni 2021. 

Sebelumnya, sejumlah warga mengaku mengeluhkan server PPDB online lewat jalur prestasi tersebut down.

Salah satu orang tua murid, Lenny Tambunan mengaku server down sejak pendaftaran PPDB online dibuka, yakni pukul 08.00 WIB.

"Sudah dari pagi siaga di depan komputer dan mulai ajuan akun. Tapi sudah puluhan kali mengulang ajuan akun, tapi belum bisa sampai sekarang. Padahal tanpa akun, enggak bisa daftar ke SMA yang dituju," kata Lenny kepada Liputan6.com, Senin, 7 Juni 2021. 

Lenny mengaku sebagai seorang pekerja, dirinya meluangkan waktu izin setengah hari untuk membantu anaknya dalam proses PPDB online saat ini. Namun, hingga pukul 11.00 WIB website PPDB online belum bisa diakses.

"Kalau kita sudah dapat akun, kita sudah tenang. Jadi kita bisa daftar, terus nanti kita tinggal pantau saja," ucap dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Bisa Login ke Website

Keluhan lain juga disampaikan oleh Lidya. Dia mengaku sampai menggunakan beberapa laptop untuk membantu mendaftarkan anaknya sekolah SMA.

Kata dia, sejumlah wali murid juga mengeluhkan hal sama karena server down dari website PPDB online.

"Rata-rata keluhannya sama, enggak bisa login ke websitenya. Ini dari group whatsApp juga baru dua orang yang bisa," ucapnya.

Karena hal itu, dia meminta adanya perbaikan jadwal dari Dinas Pendidikan DKI Jakarta.

"Jangan serentaklah, ada jadwal sendiri dari masing-masing jenjang sekolah. Ini dari pukul 07.30 WIB sampai pukul 11.00 WIB masih belum bisa diakses websitenya," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.