Sukses

Uji Coba Road Bike Sudirman-Thamrin, Dishub Sebut Pesepeda Mulai Tertib

Dishub DKI Jakarta berharap, ketertiban para pesepeda road bike ini dapat terus terjaga dengan baik. Sehingga tidak ada yang merasa terganggu.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo mengklaim, para pesepeda road bike yang melintas saat uji coba di jalan Sudirman-Thamrin saat hari pertama, mulai berjalan dengan tertib pada jalur yang sudah disediakan.

Saat ini Pemprov DKI melalui Dinas Perhubungan melakukan uji coba perlintasan sepeda balap atau road bike, yang digelar pada 7-11 Juni 2021 sejak pukul 05.00-06.30 WIB.

"Secara umum tadi bahwa para pegiat road bike yang biasanya mereka menggunakan lajur paling kanan, mereka saat ini sudah melajur pada lajur paling kiri," kata Syafrin, Senin (7/6/2021).

Dia berharap, ketertiban para pesepeda road bike ini dapat terus terjaga dengan baik. Sehingga tidak ada yang merasa terganggu.

"Mereka sudah konsisten, dan diharapkan dengan sosialisasi dan edukasi pengguna jalan memahami bahwa ini jalan bersama. Bukan jalan saya, bukan jalan mba, karena ini untuk digunakan supaya ada pengaturan yang komprehensif di sana," tuturnya.

Syafrin menyampaikan, Dishub DKI Jakarta melaksanakan uji coba road bike baik di jalan Sudirman-Thamrin yang berlaku dari Senin sampai Jumat maupun Jalan Layang Non Tol (JLNT) Kampung Melayu-Tanah Abang.

"Kami akan terus melakukan uji coba selama seminggu ke depan. Pararel dengan itu kami akan melakukan kajian terkait hasil uji coba apakah sudah memadai dari aspek teknis operasional sehingga begitu disusun sebuah regulasi akan komprehensif dan aplikatif ketika diterapkan nantinya," imbuh dia.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jumlah pesepeda meningkat

Syafrin menyebut, selama masa uji coba jalur road bike yang sudah dilakukan hampir tiga pekan telah terjadi peningkatan secara keseluruhan, yaitu pada hari pertama terdapat 1.666 pesepeda road bike yang sudah melintas di JLNT Kampung Melayu-Tanah Abang.

"Dan meningkat 77 persen pada uji coba kedua yaitu menjadi 2.499 pesepeda, dan uji coba pesepeda kemarin pada tanggal Juni kembali meningkat menjadi 4.005 pesepeda yang masuk kawasan ini (Kampung Melayu-Tanah Abang) atau sebanyak 60.3 persen peningkatannya," tandas dia.

 

 

Reporter: Bachtiarudin Akan

Sumber: Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.