Sukses

Top 3 News: BMKG Bicara soal Potensi Gempa dan Tsunami Pantai Selatan Jawa Timur

BMKG akhirnya angkat bicara soal kekhawatiran masyarakat terkait informasi potensi terjadinya gempa bumi dengan kekuatan 8,7 yang diikuti tsunami setinggi 29 meter.

Liputan6.com, Jakarta - Top 3 News hari ini terkait Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) yang akhirnya angkat bicara soal kekhawatiran masyarakat terkait informasi potensi terjadinya gempa bumi dengan kekuatan 8,7 yang diikuti tsunami setinggi 29 meter.

Kabar bencana itu disebut terjadi di sepanjang pesisir pantai selatan Jawa Timur. Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana menilai, potensi itu bisa saja terjadi di Indonesia.

Meski begitu, menutut Taufan, sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat kapan, di mana, dan berapa kekuatannya.

Kemudian berita terpopuler lainnya di kanal News Liputan6.com pada Minggu dini hari, 6 Juni 2021, seorang wanita ditemukan tidak bernyawa di sebuah kontrakan, Jalan Galunggung, Cengkareng, Jakarta Barat.

Kabar tersebut dibenarkan oleh Kapolsek Cengkareng Kompol Egman.

Menurut Egman, jenazah RM (30) pertama kali ditemukan oleh suaminya yang berawal dari rasa penasaran suami korban yang ingin mengetahui alasan istri memutus komunikasi via telepon. Korban dan suaminya memang sudah tidak tinggal satu atap.

Sementara itu, pada Minggu 6 Juni 2021, Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri bersama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto meresmikan meresmikan patung Presiden Pertama RI Sukarno atau Bung Karno di depan gedung utama Kementerian Pertahanan (Kemenhan).

Dalam sambutannya, Megawati yang mewakili keluarga besar Bung Karno menyampaikan terima kasih dan penghormatan secara khusus kepada Prabowo.

Tak hanya itu, Megawati bahkan juga menyebut Prabowo sebagai sahabatnya. Kemudian menurut dia, peresmian ini sangat spesial.

Karena, kata Megawati, harinya kebetulan bertepatan dengan peringatan hari lahir Bung Karno yang ke-120.

Berikut deretan berita terpopuler di kanal News Liputan6.com sepanjang Minggu 6 Juni 2021:

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Kata BMKG Soal Potensi Gempa M 8,7 dan Tsunami di Pantai Selatan Jawa Timur

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) merespons kekhawatiran masyarakat terkait informasi potensi terjadinya gempa bumi dengan kekuatan 8,7 yang diikuti tsunami setinggi 29 meter di sepanjang pesisir pantai selatan Jawa Timur. Potensi itu dinilainya bisa saja terjadi di Indonesia.

"Indonesia sebagai wilayah yang aktif dan rawan gempa bumi memiliki potensi gempa bumi yang dapat terjadi kapan saja dengan berbagai kekuatan (magnitudo)," kata Kepala Bagian Humas BMKG Akhmad Taufan Maulana dalam keterangan tertulis, Sabtu, 5 Juni 2021.

Kendati demikian, sampai saat ini belum ada teknologi yang dapat memprediksi gempa bumi dengan tepat dan akurat kapan, di mana, dan berapa kekuatannya. Sehingga BMKG tidak pernah mengeluarkan informasi prediksi gempa bumi.

 

Selengkapnya...

3 dari 5 halaman

Suami Kaget Temukan Istrinya Meninggal dengan Kepala Tertutup Sprei di Jakarta Barat

Seorang wanita ditemukan tidak bernyawa di sebuah kontrakan, Jalan Galunggung, Cengkareng, Jakarta Barat pada Minggu dini hari, 5 Juni 2021.

Hal itu dibenarkan oleh Kapolsek Cengkareng, Kompol Egman.

"Benar, mayat seorang perempuan ditemukan di rumah kontrakan," kata Egman dalam keterangannya, Jakarta, Minggu, 6 Juni 2021.

Dia menjelaskan, jenazah RM (30) pertama kali ditemukan oleh suaminya. Berawal dari rasa penasaran suami korban yang ingin mengetahui alasan istri memutus komunikasi via telepon. Korban dan suaminya memang sudah tidak tinggal satu atap.

 

Selengkapnya...

4 dari 5 halaman

Patung Bung Karno Menunggang Kuda Diresmikan, Megawati Ucapkan Terima Kasih ke Prabowo

Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri meresmikan patung Proklamator Sukarno menunggang kuda, yang terinspirasi dari peristiwa peringatan pertama TNI pada 5 Oktober 1946.

Patung Sukarno di atas kuda itu terletak di halaman depan kompleks Kementerian Pertahanan di Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta. Megawati hadir bersama anggota keluarganya, yakni putranya Prananda Prabowo bersama istri Nancy Prananda. Hadir juga Sekretaris Jenderal DPP PDIP, Hasto Kristiyanto.

Sebelum peresmian, Menhan Prabowo menjelaskan, Bung Karno bukan saja Presiden Indonesia pertama, namun juga proklamator kemerdekaan sekaligus penggagas ideologi yang persatukan bangsa Indonesia yaitu Pancasila.

"Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati jasa-jasa pehlawannya," ujar Prabowo pada peresmian virtual, Minggu, 6 Juni 2021.

 

Selengkapnya...

5 dari 5 halaman

Rentetan Gempa di Cincin Api Pasifik

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • BMKG adalah singkatan dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika yang berstatus Lembaga Pemerintah Non Departemen (LPN).

    BMKG

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo

  • H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.
    H. Prabowo Subianto Djojohadikusumo adalah seorang pengusaha, politisi, dan mantan perwira TNI Angkatan Darat.

    Prabowo Subianto

  • Top 3 News

  • Gempa Bumi

  • Tsunami