Sukses

Panglima TNI Berharap Kudus Bisa Bebas Covid-19: Setiap Desa Ada 1 Posko PPKM Mikro

Hadi langsung memimpin rapat terbatas dengan pemerintah daerah yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Kudus Hartopo.

Liputan6.com, Jakarta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto didampingi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito mendatangi Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (6/6/2021). Kedatangan mereka terkait adanya puluhan desa di sana yang masuk zona merah Covid-19.

Hadi langsung memimpin rapat terbatas dengan pemerintah daerah yang dihadiri langsung oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dan Bupati Kudus Hartopo.

"Pak Bupati dan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus memiliki tanggung jawab karena saat ini 60 desa yang menjadi zona merah, agar menjadi hijau kembali. Tentunya harus memiliki sistem yang baik," ujar Hadi dalam siaran persnya, Minggu (6/6/2021).

Hadi meminta Komando Distrik Militer (Dandim) dan Kapolres beserta jajajaran turut membantu Bupati untuk menangani lonjakan kasus Covid-19 di Kudus.

Dia juga menyampaikan di kabupaten lain di Jawa Tengah telah melakukan strategi penebalan satgas PPKM Mikro serta meningkatkan fungsi posko yang ada di PPKM Mikro tersebut.

"Setiap desa harus ada satu Posko PPKM Mikro agar zona merah menjadi kuning, dan akhirnya menjadi hijau. Tugasnya menegakkan protokol kesehatan, membantu dan mendata pelaksanaan PCR dan segera dilakukan pemisahan untuk isolasi jika sudah terkonfirmasi positif," kata Hadi.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menerapkan Protokol Kesehatan

Hadi menambahkan, lantaran Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dan Plt Kadinkes Kabupaten Kudus yang terkonfirmasi positif Covid-19, dia meminta masyarakat lebih meningkatkan kesadaran menerapkan protokol kesehatan akan kasus tak kian banyak.

Hadi dan Kapolri Listyo juga meminta kepada semua pihak agar lebih intensif dalam penanganan Covid-19 di Kudus saat ini. Dia meminta tokoh masyarakat turut berperan dalam membangun kesadaran disiplin protokol kesehatan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.