Sukses

Mendes PDTT Beri Penghargaan untuk 170 Desa di Lamongan yang Tuntaskan Data SDGs

Gus Menteri Halim Iskandar mengatakan, yang paling sederhana saat ini adalah data SDGs Desa.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT), Abdul Halim Iskandar didampingi Bupati Lamongan, Yuhronur Efendi memberikan piagam penghargaan kepada 170 desa di Kabupaten Lamongan yang telah menyelesaikan pendataan SDGS Desa, Sabtu (5/6/2021). Dalam sambutannya, Abdul Halim Iskandar atau yang akrab disapa Gus Menteri ini mengajak siapa pun untuk memberikan kepercayaan penuh kepada desa.

"Berikan kepercayaan pada desa maka semua akan selesai di desa. Tapi kalau kita tidak percaya kepada desa enggak akan pernah selesai,” jelasnya.

Gus Menteri Halim Iskandar mengatakan, yang paling sederhana saat ini adalah data SDGs Desa. Menurutnya, pemutakhiran data berbasis SDGs Desa akan memperlihatkan kerangka desa yang utuh sesuai dengan permasalahan dan potensi desa. Dengan mempunyai data yang benar, lengkap, dan berkelanjutan akan memudahkan pemerintah desa maupun pemerintah daerah dalam menyusun rencana program kerja ke depan.

"Saya yakin kalau ini (data SDGs Desa) sudah lengkap, Pak Bupati akan memiliki satu yang luar biasa bagusnya untuk menyusun RPJMD,” ungkap Halim Iskandar.

Dengan data tersebut, lanjutnya, maka siapa pun yang ingin tahu tentang situasi dan kondisi di desa akan mudah mengetahuinya. Dengan data yang sangat detail dan by name by adress itu, nantinya akan diketahui tingkat kemiskinan, kesehatan,  pendidikan, dan sebagainya di masing-masing desa.

Oleh karena itu, Halim Iskandar meminta kepada desa-desa di seluruh Indonesia untuk segera menyelesaikan pemutakhiran data berbasis SDGs Desa tersebut. Ia juga memberikan apresiasi kepada desa-desa yang telah menyelesaikan pendataan.

"Terima kasih Pak Kades, terima kasih ketua Pokja relawan pendataan desa, para pendamping desa dari atas dukungannya dalam mendata SDGs Desa,” ucap Gus Menteri.

Turut hadir Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa, Harlina Sulistyorini, Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi, Aisyah Gamawati, Plt. Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan, Rosyidah Rachmawati, Inspektur Jenderal Kemendes PDTT, Ekatmawati, Wakil Bupati Lamongan, Abdul Rouf, Ketua DPRD Lamongan, Abdul Ghofur beserta jajaran Forkopimda.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.