Sukses

Tidar Ajak Partai Politik Ikut Edukasi Masyarakat Soal Pancasila

Andy mengatakan bahwa Pancasila memiliki nilai serta makna yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada keberagaman saja.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Umum Tunas Indonesia Raya (Tidar) yang merupakan sayap pemuda Partai Gerindra, Andy Wijaya mengajak para partai politik (Parpol) untuk terus mengedukasi masyarakat tentang nilai-nilai luhur Pancasila.

Menurut dia, nilai Pancasila makin menyempit dan hanya sebagian kecil yang tersampaikan kepada masyarakat.

"Pancasila makin hari semakin digaungkan lebih sempit, ini pernyataan saya. Jadi saya melihat saat ini Pancasila ruangnya dipersempit, yang muncul di permukaan," kata Andy dalam keterangan tertulis, Jumat (4/6/2021).

Andy mengatakan bahwa Pancasila memiliki nilai serta makna yang lebih luas, tidak hanya terbatas pada keberagaman saja.

"Memang Pancasila salah satunya persatuan Indonesia. Tapi tidak hanya berhenti di situ. Banyak ruang lain yang perlu Pancasila hadir," ucapnya.

Karena hal itu, dia mengajak semua pihak dapat menyampaikan nilai-nilai Pancasila secara menyeluruh. Apalagi salah satu tujuan parpol adalah memberikan pendidikan politik.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beda Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila

Dia pun menyoroti masih banyaknya pihak yang tidak bisa membedakan Hari Lahir Pancasila dan Hari Kesaktian Pancasila. Bahkan tidak sedikit yang terbalik menyebutnya.

"Padahal, 1 Juni diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila, sementara Hari Kesaktian Pancasila diperingati setiap tanggal 1 Oktober. Ini kan sebuah ironi yang perlu diluruskan," jelas dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.