Sukses

Anies Baswedan Harap Ada Insentif Untuk Pegawai Kantoran yang Gunakan Sepeda

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap para perusahaan dapat memberikan insentif kepada pegawai yang menggunakan sepeda. Kata dia, insentif tersebut dapat berupa premi asuransi ataupun kredit sepeda baru.

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berharap para perusahaan dapat memberikan insentif kepada pegawai yang menggunakan sepeda. Kata dia, insentif tersebut dapat berupa premi asuransi ataupun kredit sepeda baru.

"Kami harap perusahaan, setiap kantor memberikan insentif bagi mereka yang naik sepeda misalnya diberikan insentif kredit sepeda diberikan subsidi premi asuransi diberikan kemudahan di dalam mereka berkegiatan di kantor," kata Anies pada YouTube Kementerian Perhubungan, Jumat (4/6/2021).

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu menilai insentif tersebut dapat mendorong masyarakat dalam menggunakan sepeda sebagai alat transportasi.

Lanjut dia, saat ini DKI Jakarta telah memiliki 63 kilometer jalur sepeda, termasuk yang permanen seperti di Jalan Sudirman-Thamrin.

"Insyaallah di akhir tahun akan ada tambahan 101 kilometer. Jadi insyaallah total di akhir tahun kita punya lebih dari 170 kilometer jalur sepeda," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta agar gedung perkantoran di Ibu Kota menyediakan fasilitas parkir untuk sepeda. Hal tersebut untuk menyediakan para masyarakat yang bepergian menggunakan sepeda.

"Gedung-gedung memiliki kewajiban untuk menyediakan tempat parkir sepeda, minimal 10 persen dari tempat parkir yang tersedia," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Kamis (3/6/2021).

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Siapkan Tempat Mandi

Selain itu, mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan itu juga mengimbau agar setiap gedung perkantoran menyediakan tempat mandi untuk para pesepeda.

Sebab saat bersepeda, secara otomatis masyarakat akan berkeringat dan diperlukannya mandi sebelum bekerja.

"Disiapkan tempat shower, sehingga memudahkan para pekerja yang memilih untuk berangkat kerja menggunakan sepeda itu ada kenyamanan. Karena ketika mereka tiba, ada fasilitas parkir dan penunjang lainnya," ucapnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.