Sukses

Mendagri Tekankan Konsep Pembangunan Harus Diarahkan pada Penguatan SDM

Penguatan SDM harus menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan. Sebab, SDM yang kuat akan memengaruhi kemajuan suatu negara.

Liputan6.com, Sumba Timur Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menekankan, konsep pembangunan harus diarahkan pada penguatan sumber daya manusia (SDM). Menurutnya, penguatan SDM harus menjadi bagian tak terpisahkan dari pembangunan. Sebab, SDM yang kuat akan memengaruhi kemajuan suatu negara.

“Konsep pembangunan harus diarahkan kepada pembangunan yang memperkuat SDM, menjadi dua kunci utama,” katanya dalam acara penyerahan bantuan oleh TP PKK Pusat kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Sumba Timur, di Gedung Nasional Umbu Tipuk Marisi, Sumba Timur, NTT, Kamis (3/6/2021).

Sebagai sebuah kunci suksesnya pembangunan, kualitas SDM sangat menentukan kualitas sebuah negara. Bahkan, Mendagri memberikan contoh, beberapa negara yang memiliki sumber daya alam (SDA) yang terbatas dapat menjadi negara yang maju berkat kualitas SDM nya yang mumpuni. Apalagi, bangsa Indonesia yang telah dianugerahi kekayaan sumber daya alam yang melimpah, akan menjadi bangsa yang melompat jauh ke depan dengan ditunjang oleh SDM yang berkualitas.

Mendagri juga meminta, kekayaan SDA tersebut, tak boleh menjadi tulang punggung kekuatan bangsa, melainkan perlu ditunjang dengan penguatan SDM.

“Kunci adalah SDM, bukan SDA, apalagi kalau SDM-nya hebat, SDA-nya berlimpah ruah, itu negara akan melompat. Nah penekanan saya di sini mindset yang perlu kita dalami adalah memperkuat SDM,” tegasnya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Penanganan Gizi Buruk dan Stunting

Selain sektor pendidikan, formal maupun informal, membentuk SDM yang berkualitas juga ditempuh melalui jalur kesehatan. SDM yang hebat dan kuat, juga memiliki sisi kesehatan yang baik pula. Karena itu, persoalan penanganan gizi buruk dan stunting menjadi perhatian serius pemerintah.

Mendagri juga berpesan, pemerintah daerah tak mengabaikan persoalan stunting di wilayahnya, jangan sampai kekayaan SDA tidak dikelola dengan baik karena SDM-nya mengalami gizi buruk dan stunting.

"Nah oleh karena itu kesehatan menjadi kuci, salah satunya untuk membuat sumber daya manusia yang baik selain dia terdidik, terlatih, vokasi misalnya keahlian, juga yang menjadi penekanan dari Bapak Presiden adalah stunting, kekerdilan, postur tubuh yang tidak memadai," pungkasnya.

 

(*)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini