Sukses

PAN Minta Kemenag Segera Umumkan Kepastian Pemberangkatan Haji 2021

Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk tidak menjadi pemberi harapan palsu atau PHP dalam pemberangkatan haji tahun 1442 H/ 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk tidak menjadi pemberi harapan palsu atau PHP dalam pemberangkatan haji tahun 1442 H/ 2021. Karenanya, Saleh mendorong kepada Menteri Agama Yaqut Cholil agar bisa segera memberi penjelasan terkait kebijakan yang diambil pemerintah.

"Sebelum pandemi, jemaah haji kita kan 221.000 per tahun. Mengelola jemaah sebanyak itu tidak mudah. Kalaupun diberangkatkan tahun ini, tentu tidak bisa semua," kata Saleh dalam keterangan pees diterima, Kamis (3/6/2021).

Saleh mengatakan, jika memang bisa diberangkatkan, jemaah haji Indonesia di saat pandemi tentu ada pengurangan kuota. Karena itu dia berharap, Kementerian Agama dapat selektif untuk memilih jemaah yang didahulukan.

"Kalau ada pengurangan, pasti akan ada masalah teknis untuk memilih siapa di antara para jamaah haji yang akan didahulukan," minta Saleh.

Saleh menambahkan, jika diputuskan tidak memberangkatkan jemaah haji tahun ini, maka sebaiknya segera ada kepastian.

"Jika memang tidak memungkinkan untuk memberangkatkan haji reguler tahun ini, segera saja diumumkan. Dengan begitu, para calon jemaah haji kita memiliki kepastian," kata Saleh.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kemenag Akan Umumkan Kepastian Ibadah Haji 2021

Kementerian Agama (Kemenag) akan mengumumkan nasib pelaksanaan ibadah Haji 2021 bagi jemaah Indonesia pada Kamis 3 Juni 2021.

"Bersama seluruh anggota Komisi VIII tadi sudah bicara, mendiskusikan pelaksanaan ibadah mulai A sampai Z. Kita ambil kesimpulan karena harus ada yang kita tata terlebih dahulu. Insyaallah besok siang akan kami umumkan secara resmi di kantor Kemenag di Thamrin," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (2/6/2021).

Menag meminta publik bersabar sebab pemerintah hari ini masih membahas dan berdikusi terkait pelaksanaan haji 2021.

"Mohon dipahami, sabar sebentar, ashabul jamil, orang sabar itu baik, bagus, cantik," ujarnya.

Menag menyatakan persoalan biaya dan anggaran haji juga telah digodok dan akan disampaikan pada pengumuman resmi.

"Besok akan kita sampaikan ke publik. Sabar sedikit, kan harus ditata. Supaya tidak salah apa yang disampaikan ke publik, harus transparan yang disampaikan ke publik," jelasnya.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.