PAN Minta Kemenag Segera Umumkan Kepastian Pemberangkatan Haji 2021

Oleh Muhammad Radityo Priyasmoro pada 03 Jun 2021, 12:27 WIB
Diperbarui 03 Jun 2021, 12:28 WIB
Memanjatkan Doa di Hadapan Kakbah
Perbesar
Umat muslim mengelilingi Kakbah di Masjidil Haram, Makkah, Arab Saudi, Senin (5/8/2019). Saat haji atau umrah, umat muslim akan berputar tujuh kali mengelilingi Kakbah berlawanan arah jarum jam. (AP Photo/Amr Nabil)

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Fraksi PAN DPR RI Saleh Daulay meminta Kementerian Agama (Kemenag) untuk tidak menjadi pemberi harapan palsu atau PHP dalam pemberangkatan haji tahun 1442 H/ 2021. Karenanya, Saleh mendorong kepada Menteri Agama Yaqut Cholil agar bisa segera memberi penjelasan terkait kebijakan yang diambil pemerintah.

"Sebelum pandemi, jemaah haji kita kan 221.000 per tahun. Mengelola jemaah sebanyak itu tidak mudah. Kalaupun diberangkatkan tahun ini, tentu tidak bisa semua," kata Saleh dalam keterangan pees diterima, Kamis (3/6/2021).

Saleh mengatakan, jika memang bisa diberangkatkan, jemaah haji Indonesia di saat pandemi tentu ada pengurangan kuota. Karena itu dia berharap, Kementerian Agama dapat selektif untuk memilih jemaah yang didahulukan.

"Kalau ada pengurangan, pasti akan ada masalah teknis untuk memilih siapa di antara para jamaah haji yang akan didahulukan," minta Saleh.

Saleh menambahkan, jika diputuskan tidak memberangkatkan jemaah haji tahun ini, maka sebaiknya segera ada kepastian.

"Jika memang tidak memungkinkan untuk memberangkatkan haji reguler tahun ini, segera saja diumumkan. Dengan begitu, para calon jemaah haji kita memiliki kepastian," kata Saleh.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kemenag Akan Umumkan Kepastian Ibadah Haji 2021

Menag Paparkan Skema Pelaksanaan Haji Tahun 2021
Perbesar
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat mengikuti rapat kerja dengan Komisi VII DPR di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (15/3/2021). Rapat kerja tersebut membahas persiapan penyelenggaraan ibadah haji 1442 H/2021 M dan vaksinasi jemaah haji. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kementerian Agama (Kemenag) akan mengumumkan nasib pelaksanaan ibadah Haji 2021 bagi jemaah Indonesia pada Kamis 3 Juni 2021.

"Bersama seluruh anggota Komisi VIII tadi sudah bicara, mendiskusikan pelaksanaan ibadah mulai A sampai Z. Kita ambil kesimpulan karena harus ada yang kita tata terlebih dahulu. Insyaallah besok siang akan kami umumkan secara resmi di kantor Kemenag di Thamrin," kata Menag Yaqut Cholil Qoumas di Kompleks Parlemen Senayan, Rabu (2/6/2021).

Menag meminta publik bersabar sebab pemerintah hari ini masih membahas dan berdikusi terkait pelaksanaan haji 2021.

"Mohon dipahami, sabar sebentar, ashabul jamil, orang sabar itu baik, bagus, cantik," ujarnya.

Menag menyatakan persoalan biaya dan anggaran haji juga telah digodok dan akan disampaikan pada pengumuman resmi.

"Besok akan kita sampaikan ke publik. Sabar sedikit, kan harus ditata. Supaya tidak salah apa yang disampaikan ke publik, harus transparan yang disampaikan ke publik," jelasnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Saksikan video pilihan di bawah ini:

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya