Sukses

Berebut Limbah, Dua Kubu Ormas di Bekasi Bentrok

Dua orang diamankan dalam insiden bentrok ormas di Bekasi lantaran kedapatan membawa senjata tajam.

Liputan6.com, Jakarta - Bentrokan antara dua kubu organisasi kemasyarakatan (ormas) terjadi di Jalan Diponegoro, Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat. Bentrokan diduga dipicu saling berebut pengelolaan limbah pabrik.

Kapolres Metro Bekasi, Kombes Pol Hendra Gunawan mengatakan masing-masing kubu terdiri dari dua hingga tiga ormas. Beberapa anggota ormas membekali diri dengan senjata tumpul hingga tajam dalam bentrokan tersebut.

"Ini masalah perselisihan pengelolaan limbah yang belum ada penyelesaiannya," kata Hendra, Rabu (2/6/2021).

Menurutnya, belum sempat terjadi bentrokan fisik antara kedua kubu ormas, karena petugas gabungan bergerak cepat untuk melerai. Namun ada dua orang yang diamankan karena kedapatan membawa senjata tajam.

"Ada dua orang yang diamankan karena membawa senjata tajam. Kemudian kita juga amankan dua buah golok dan sangkur yang tergeletak di jalan," ujar Hendra.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selidiki Peran Pimpinan Ormas

Saat ini pihaknya masih terus melakukan pendalaman kasus bentrokan dua kubu ormas yang sempat meresahkan warga sekitar tersebut. Petugas juga menyelidiki adanya kemungkinan peran para pimpinan ormas serta motif dibaliknya.

"Kalau memang mengarah kepada pimpinan-pimpinannya, kita akan proses pimpinannya," tegasnya.

Ia juga berharap para ormas bisa menyelesaikan masalah dengan bijak tanpa menimbulkan kerusuhan yang membuat warga resah.

"Anjuran saya, setiap masalah jangan membawa massa, karena risiko benturan itu sangat tinggi," imbuh Hendra.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.