Prabowo Akui Tengah Godok Rencana Pengadaan Alpalhankam Lewat Utang Luar Negeri

Oleh Yopi Makdori pada 02 Jun 2021, 20:16 WIB
Diperbarui 02 Jun 2021, 20:16 WIB
Menhan Prabowo Hadiri Rapat dengan Komisi I DPR
Perbesar
Menhan Prabowo Subianto (kiri) bersama Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto hadir pada rapat kerja dengan Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (2/6/2021). Rapat kerja membahas Pemenuhan Kebutuhan Alat Peralatan Pertahanan dan Keamanan (Alpalhankam). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto mengaku tengah menggodok skema untuk membiayai rencana pengadaan alat peralatan pertahanan dan keamanan (alpalhankam) lewat utang luar negeri. 

"Ini sedang digodok. Sedang direncanakan," kata Prabowo di Kompleks Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

Menurut Prabowo, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) membahas hal itu dengan sejumlah pihak, termasuk dengan Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) serta Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

"Rencana ini masih kita godok bersama Bappenas, bersama Kemenkeu, dan pemangku-pemangku kepentingan lainnya sebagaimana diketahui banyak alutsista kita sudah tua, sudah saatnya memang mendesak harus diganti," terang Prabowo.

Menteri yang juga Ketua Umum Partai Gerindra itu menerangkan, pengadaan alat peralatan pertahanan dan keamanan dianggap urgen bagi Indonesia.

"Kebutuhan-kebutuhan sangat penting dan kita siap menghadapi dinamika lingkungan strategis yang berkembang dengan sangat pesat," paparnya.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Lanjutkan Membaca ↓