Sukses

BNPB Catat 1.364 Bencana di Indonesia Sepanjang 2021

Bencana sebanyak itu, kata Ganip mengakibatkan 5,3 juta jiwa penduduk terdampak serta merenggut nyawa sebanyak 493 jiwa.

Liputan6.com, Jakarta Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) mencatat lebih dari seribu kejadian bencana sepanjang tahun 2021 di Indonesia. Hal itu dikatakan oleh Kepala BNPB Letjen TNI Ganip Warsito dalam rapat bersama Komisi VIII DPR RI di Kompleks Gedung DPR RI, Jakarta, Rabu (2/6/2021).

"Sampai dengan 1 Juni 2021, kami mencatat ada 1.364 kejadian bencana, baik itu bencana hidrometeorologi yang mendominasi antara lain banjir, diikuti puting beliung dan tanah longsor," kata Ganip.

Bencana sebanyak itu, kata Ganip mengakibatkan 5,3 juta jiwa penduduk terdampak serta merenggut nyawa sebanyak 493 jiwa.

"Serta 12.831 jiwa luka-luka," katanya.

Sementara itu, Ganip menerangkan bahwa selama dua minggu ini terjadi tren peningkatan angka kasus penularan Covid-19 di Tanah Air. Kendati begitu, hingga saat ini angka kesembuhan sudah mencapai 1,6 juta.

"Dua minggu terakhir ini kasus Covid memang mengalami peningkatan, namun kita berupaya untuk terus melakukan tindakan ataupun antisipasi gejolak meningkatnya Covid-19 ini," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menggencarkan Program Vaksinasi

Semisal dengan menggencarkan program vaksinasi Covid-19 bagi masyarakat. Menurut Ganip, vaksin amat penting diberikan guna memutus penyebaran Covid-19.

"Dalam rangka memberikan perlindungan kesehatan untuk masyarakat serta membantu percepatan proses pemulihan ekonomi," pungkasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.