Sukses

Megawati: Sungguh Hari Membahagiakan Mendapat Kehormatan dari Rusia

Dubes Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva menyebut, Megawati Soekarnoputri adalah yang warga Indonesia yang pertama mendapatkan penghargaan ini.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputri menyatakan kebahagiaannya usai mendapatkan penghargaan Order of Friendship dari Pemerintah Federasi Rusia lewat keputusan Presiden Vladimir Putin.

"Sungguh sebuah hari yang membahagiakan saya mendapat kehormatan ini," kata Megawati di kediamannya di Jalan Teuku Umar, Jakarta Pusat, Rabu (2/6/2021).

Dia merasa haru karena teringkat akan ayahandanya Presiden Sukarno yang merintis hubungan persahabatan antara Rusia dengan Indonesia. Bahkan semasa masih muda, ayahnya pernah mengajak Megawati untuk menjemput Presiden Kliment Voroshilov.

Bahkan, lanjut Ketua Umum PDIP ini, dia mengingat bagaimana Presiden Sukarno mendapat sambutan hangat saat berkunjung ke Rusia. Bahkan, saat itu, dia diminta untuk bertemu dengan beberapa astronot yang telah datang ke Indonesia.

"Saya ingat satu namanya Yuri Gagarin dan ada beberapa lagi yang lain. Itu membuat waktu itu betapa banyak anak muda Indonesia yang ingin untuk menjadi astronot dari Indonesia," kata Megawati.

Secara pribadi, Megawati juga mengaku sangat diterima ketika berkunjung langsung ke Rusia untuk berkenalan dengan Presiden Putin.

"Tolong sampaikan salam hangat saya dan terima kasih sangat besar atas penghargaan dari beliau. Karena menurut saya, saya dan beliau mempunyai ikatan pribadi," kata Megawati.

"Banyak hal yang telah kami dapat lakukan dengan membuat hubungan bilateral kita semakin erat. Dan saya merasa sangat terhormat dan takkan lupa, karena waktu itu saya diberikan kesempatan oleh Presiden Putin untuk dapat membeli alutsista dari Rusia untuk Indonesia," lanjut dia.

"Sekali lagi atas nama keluarga dan rakyat Indonesia, saya mengucapkan beribu terima kasih atas bintang kehormatan ini," kata Megawati.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Warga Indonesia yang pertama mendapatkan penghargaan

Sekjen DPP PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto yang hadir di acara pemberian penghargaan itu, mengatakan, pihaknya sangat berbahagia dengan pemberian penghargaan tersebut.

"Kami percaya bahwa dengan peringatan 70 tahun hubungan Indonesia dan Rusia pada 2020, terlebih dengan pemberian order of friendship ini, hubungan dan sejarah panjang antara kedua negara dapat ditingkatkan," kata Hasto.

Sementara, Dubes Rusia untuk Indonesia, Lyudmila Vorobieva menyebut Megawati adalah yang warga Indonesia yang pertama mendapatkan penghargaan ini. Di Asia Tenggara, pemimpin yang pernah menerima penghargaan sejenis adalah Lee Kuan Yew di Singapura, serta Mahathir Mohammad di Malaysia.

"Ibu Megawati adalah warga negara Indonesia pertama yang dianugerahi bintang persahabatan ini," kata dia.

Lyudmila mengatakan, Rusia mengakui bahwa hubungan dengan Indonesia yang saling menghormati dan saling percaya dimulai sejak Presiden Sukarno.

"Yang Mulia sangat dikenal dan dihormati di Rusia sebagai teman sejati yang memfasilitasi pengembangan proyek bersama di bidang strategis. Kami sangat menghargai Yang Mulia dalam pengembangaan kerja sama kedua negara," tuturnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati Soekarnoputri

  • negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia
    negara yang berada di wilayah Eropa, serta merupakan negara terluas di dunia

    Rusia

  • Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode  23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.
    Dr.(H.C.) Hj. Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri adalah Presiden Indonesia ke 5 periode 23 Juli 2001 — 20 Oktober 2004.

    Megawati