Sukses

Megawati Terima Bintang Penghargaan dari Presiden Rusia Vladimir Putin

Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan dari Republik Federasi Rusia karena jasa-jasanya yang besar dalam mempererat persahabatan.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri menerima Bintang Jasa Negara untuk Persahabatan (State Order of Friendship) dari Republik Federasi Rusia karena jasa-jasanya yang besar dalam mempererat persahabatan.

"Sejatinya penghargaan ini akan diserahkan langsung oleh Presiden Vladimir Putin dalam upacara kenegaraan di istana kepresidenan Rusia pada November 2020 lalu, namun berhubung adanya pandemi Covid-19, maka Bintang Jasa baru bisa diserahkan oleh Duta Besar Lyudmila Vorobyova di Jakarta pada Selasa ini (2 Juni) di kediaman Bu Mega di Teuku Umar," kata Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah, Rabu (6/2/2021).

Menurut dia, penghargaan ini menjadi bukti upaya konkrit Megawati yang juga Ketua Umum PDIP selalu mengingatkan arti penting persahabatan dunia.

"Beliau dalam setiap kesempatan di forum-forum International senantiasa menekankan politik damai penuh persahabatan yang bermartabat dan saling menghargai," ungkap Basarah.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jadi yang Pertama

Wakil Ketua MPR ini menyatakan, apa yang dilakukan Megawati sejalan dengan pidatonya. Politik, lanjut dia, bukanlah sekedar menang-kalah dalam setiap pemilu, tapi juga sebuah proyek sejarah dan ideologi dalam upaya membangun sendi-sendi kehidupan dan batu peradaban yang memungkinkan rasa kemanusiaan kita mewujud dan berkembang.

Megawati akan menjadi orang pertama dari Indonesia yang menerima penghargaan bintang jasa ini. Penghargaan ini sudah berlangsung sejak sekitar 2000 lalu.

"Penghargaan State Order of Friendship dapat dikategorikan sebagai penghargaan negara Rusia untuk penerima dengan prestasi dan jasa yang luar biasa," kata Basarah.

Pada kesempatan ini, Megawati akan didampingi oleh putra-putrinya, Prananda Prabowo dan Puan Maharani. Selain itu, ada Menkumham Yasonna H Laoly dan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto.

Adapun yang pernah mendapatkan penghargaan tersebut, di antaranya, Mahathir Mohammad (2003), Nelson Mandela (2005), Lee Kuan Yew (2009), Mahmoud Abbas (2013), Ban Kim Moon (2016).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.