Sukses

Firli Bahuri: KPK Tidak Pernah Berhenti Cari Harun Masiku

Firli mengaku bahwa KPK sudah mengirim surat kepada pihak terkait untuk menemukan keberadaan Harun.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri merespons keberadaan Harun Masiku yang diduga berada di Indonesia. Firli mengaku bahwa KPK tidak pernah berhenti mencari mantan politikus PDI Perjuangan itu.

"Terkait dengan seseorang sebagai tersangka yang ditetapkan oleh KPK berarti cukup bukti, dengan berdasarkan bukti yang cukup itu KPK tidak pernah berhenti untuk mencari tersangka," katanya saat jumpa pers di KPK, Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Firli menyebut pihaknya terus melakukan penyidikan terkait kasus yang menjerat Harun Masiku. Penyidikan tersebut guna mengungkap terangnya suatu perkara.

"Karena penyidikan adalah serangkaian tindakan penyidik berdasarkan undang-undang untuk mencari, mengumpulkan keterangan saksi dan mengumpulkan barang bukti guna mengungkap terangnya suatu perkara dan menemukan tersangka," tuturnya.

Firli mengaku bahwa KPK sudah mengirim surat kepada pihak terkait untuk menemukan keberadaan Harun. Dia bilang, penanganan suatu perkara bukan tanggung jawab orang perorang.

"Terkait beberapa tersangka yang belum tertangkap saya ingin katakan 3 hari lalu kita sudah membuat surat kepada para pihak untuk mencari keberadaan yang bersangkutan," ungkapnya.

"Jadi tidak pernah berhenti, dan bahwa penanganan perkara bukan tanggung jawab orang perorang, tapi tanggung jawab bersama, pimpinan KPK juga begitu tanggung jawab bersama, tidak ada yang bisa bekerja sendiri," tegasnya.

Lebih lanjut, kata Firli masih ada 10 buronan yang dicari KPK. Termasuk Harun Masiku.

"Seingat saya ada 10 DPO yang kita cari dan sudah beberapa tertangkap dan yang belum tertangkap salah satunya Harun Masiku, ada empat lagi yang belum ya," pungkasnya.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Jauh dari Jangkauan KPK

Sebelumnya, Kasatgas Penyelidik KPK Harun Al Rasyid melalui kanal YouTube Najwa Shihab (28/5) menjawab rasa penasaran publik mengenai keberadaan Harun Masiku.

Setelah sekian lama berstatus sebagai buron, Harun Masiku disebut kini berada tak jauh dari jangkauan KPK.

Harun menyebut, sejumlah sinyal pendeteksi yang digunakan untuk memantau Harun Masiku menunjukkan sebuah tanda. Ia yakin, Harun Masiku kini tinggal dan bersembunyi di suatu wilayah.

"Ada (di Indonesia), sinyal itu ada," kata Harun. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.