Sukses

Transjakarta Investigasi Bus Terhenti Mendadak di Perlintasan KA Halimun

Sardjono menyampaikan, insiden ini dipastikan bukan karena adanya kerusakan pada bus.

Liputan6.com, Jakarta PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) memberikan tanggapan sehubungan dengan beredarnya sebuah video di media sosial yang memperlihatkan satu unit bus terhenti di perlintasan rel kereta api di kawasan Halimun, Jakarta Pusat.

Direktur Utama PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) Sardjono Jhony Tjitrokusumo menjelaskan, kejadian tersebut terjadi pada Senin (31/5/2021) kemarin. Saat itu, armada bus operator Mayasari Bakti dengan nomor MYS 18194 rute Manggarai-Blok M (6M) melintas dari arah Tosari dengan kondisi lampu perlintasan kereta sudah berwarna hijau.

Namun, saat melintas tepat di atas rel kereta api Halimun, roda bus tiba-tiba terhenti. Tidak lama, sirine kereta api terdengar berbunyi yang mengakibatkan pelanggan yang berada di dalam bus panik dan berinisiatif turun untuk menyelamatkan diri dari dalam bus menggunakan pintu depan dan tengah.

Sardjono menyampaikan, insiden ini dipastikan bukan karena adanya kerusakan pada bus.

"Investigasi sedang dilakukan untuk mencari penyebabnya. Setelah pelanggan telah turun, dengan sigap petugas patroli yang berada di lokasi kejadian dibantu warga mendorong bus tersebut agar bisa melintasi rel," ucapnya dalam keterangan tulis, Selasa (1/6/2021).

Setelah bus berhasil keluar dari rel, pelanggan kembali naik ke dalam bus dan melanjutkan perjalanan.

"Atas kejadian ini, Transjakarta melalui tim operasional dan tim teknik akan melakukan investigasi lebih lanjut. Penyebab kejadian saat ini tengah diselidiki oleh pihak terkait. Pramudi yang bertugas saat itu juga turut diberikan sanksi," ujarnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Lakukan Prokes

Di luar itu, Sardjono mengimbau masyarakat untuk tetap di rumah apabila tidak ada keperluan mendesak.

"Jika harus ke luar rumah karena terpaksa, selalu pastikan untuk menerapkan 3M yakni memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," imbaunya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.