Sukses

Arsjad Rasjid: Pancasila Bisa Mengatasi Berbagai Persoalan Bangsa Indonesia

Nilai-nilai Pancasila yang tercermin pada semangat gotong-royong juga diterapkan disaat bangsa Indonesia berjuang mengatasi pandemi Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Wakil Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia Bidang Pengembangan Pengusaha Nasional, Arsjad Rasjid menyatakan, nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila adalah penolong bagi bangsa dan rakyat Indonesia untuk tumbuh menjadi negara maju.

Arsjad yang mencalonkan diri sebagai Ketua Umum Kadin Indonesia, periode 2021-2026 mengungkapkan, sebagai penolong Pancasila turut membantu pemerintah, dunia usaha, dan rakyat Indonesia mengatasi berbagai persoalan yang kini dihadapi bangsa Indonesia, baik di bidang kesehatan maupun ekonomi.

"Pancasila adalah ideologi yang hidup di tengah keberagaman bangsa Indonesia. Pancasila selalu terbukti berhasil menyelesaikan persoalan bangsa. Jadi, Pancasila adalah penolong, bukan membebani rakyat," kata Arsjad dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila di Jakarta, Selasa (1/6/2021).

Peringatan Hari Lahir Pancasila digelar secara daring di Gedung Pancasila, Kementerian Luar Negeri, Pejambon, Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, bertindak selaku inspektur upacara.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bertugas membacakan teks Pancasila, Ketua DPR RI Puan Maharani membacakan teks Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, dan Menko Pembangunan Manusia, dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy sebagai pembaca doa.

Arsjad mengungkapkan, nilai-nilai Pancasila yang tercermin pada semangat gotong-royong juga diterapkan disaat bangsa Indonesia berjuang mengatasi pandemi Covid-19.

Sebagai ideologi bangsa, lanjutnya, Pancasila adalah penyemangat bagi rakyat Indonesia untuk bergerak aktif memperkokoh persatuan dalam mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tumbuh dan Berkembang

Peringatan Hari Lahir Pancasila, lanjutnya, yang diperingati setiap tanggal 1 Juni harus dimanfaatkan untuk makin memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

"Kita makin perkokoh falsafah Pancasila yang telah menyatu dalam kehidupan kita sehari-hari sejak Republik Indonesia. Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa harus tumbuh dan berkembang bagi kemajuan Indonesia," kata Arsjad.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.