Sukses

27 Warga di Cipayung Positif Covid-19, Penyebabnya Diduga Karena ART Sakit yang Enggan Berobat

Fanani menerangkan, penularan yang terjadi di RT 08 bermula dari adanya gejala tidak enak badan yang dialami oleh seorang Asisten Rumah Tangga (ART).

Liputan6.com, Jakarta Virus Covid -19 menyerang sebagian warga di RT 08/RW 03, Kelurahan Bambu Apus, Cipayung, Jakarta Timur. Dilaporkan, sejauh ini ada 27 orang yang terinfeksi Covid-19. 

Wakapolres Metro Jakarta Timur AKBP Ahmad Fanani menyampaikan, angka itu kemungkinan bisa berubah sebab pelacakan kontak atau lebih dikenal tracing masih berlangsung.

"Begitu kami mendengar ada 27 orang yang terpapar Covid-19 kami dari TNI, Polri, dan petugas Kecamatan mengambil langkah-langkah pertama datangi lokasi, kedua menyemprot disinfektan, melakukan tracing dan membawa masyarakat yang tertular Covid-19 ke wisma atlet," kata Fanani di lokasi, Selasa (1/6/2021).

Fanani menerangkan, penularan yang terjadi di RT 08 bermula dari adanya gejala tidak enak badan yang dialami oleh seorang Asisten Rumah Tangga (ART). Saat itu, yang bersangkutan menolak berobat.   

"Akhirnya dari petugas kesehatan inisiatif periksa yang bersangkutan. Ternyata positif Covid-19," ucap dia.

Fanani mengatakan, pihaknya bersama petugas menelusuri orang-orang yang kontak erat dengan orang tersebut guna dilakukan swab antigen. Fanani menyebut, ditemukan 27 orang yang terinfeksi Covid-19.

"Setelah itu kami tracing ke yang lain dan dapat 27 orang positif Covid-19," ucap dia. 

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

5 dari 50 Orang di Swab Positif

Fanani mengatakan, tracing terus bergulir guna memutus mata rantai penularan Covid-19. Fanani menyebut, kembali menemukan lima orang dari 50 yang telah melakukan swab antigen.

"Kami dapatkan lima orang yang reaktif, sekarang. Kami menunggu dari PCR Puskesmas. Apabila masih positif maka kami akan bawa ke wisma atlet," ucap dia. 

Fanani mengatakan, lima orang itu dipastikan sempat berinteraksi dengan 27 orang yang sebelumnya telah dinyatakan terjangkit Covid-19.

"Iya (terpapar dari 27 orang tadi). Ini masih kami tracing di sekitaran RT 08," ujar dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.