Sukses

Kapolri soal Izin Keramaian Liga 1 dan 2: Perketat Protokol Kesehatan Covid-19

Polri akan melakukan evaluasi secara ketat dalam hal disiplin protokol kesehatan Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo memastikan pihaknya telah memberikan izin keramaian pelaksanaan Liga 1 dan 2. Hanya saja, Polri akan melakukan evaluasi secara ketat dalam hal disiplin protokol kesehatan Covid-19.

"Kami memutuskan memberikan izin keramaian dengan catatan tetap melaksanakan protokol kesehatan secara ketat. Kegiatan akan kami evaluasi sehingga pelanggaran prokes berpengaruh terhadap proses pelaksanaan Liga," kata Listyo di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Senin (31/5/2021).

Menurut Listyo, penyelenggaran liga sepakbola yang telah terlaksana sebelumnya menjadi bagian dari evaluasi dan pertimbangan Polri dalam pemberian izin keramaian Liga 1 dan 2.

"Beberapa waktu lalu penyelenggaraan sudah cukup bagus, tapi yang kami sayangkan masih terjadi arak-arakan di akhir pertandingan yang potensial menimbulkan klaster Covid-19," jelas dia.

Adapun secara teknis, Polri akan terus memantau perkembangan terkini kasus positif Covid-19 di Tanah Air. Hal tersebut akan berpengaruh dalam pengambilan kebijakan terkait kehadiran suporter.

"Kalau kita mencintai tim kesayangan yang akan tampil di Liga 1 atau 2, tentu kami harapkan para suporter juga mendukung dengan sama-sama menjaga agar terkait masalah aturan prokes betul-betul dijaga. Karena pelanggaran terhadap hal tersebut akan berdampak terhadap tim kesayangan kita," kaya Listyo.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kantongi Izin

Polri akhirnya mengeluarkan izin keramaian untuk penyelenggaraan Liga 1 dan Liga 2, ajang pertandingan sepak bola yang telah cukup lama ditunda pelaksanaannya lantaran pandemi Covid-19. Hal itu dibenarkan oleh Asisten Operasi (Asops) Irjen Imam Sugianto.

"Sudah," tutur Imam saat dikonfirmasi, Senin (31/5/2021).

Sebelumnya, Imam menyatakan bahwa Polri akan mengeluarkan surat izin keramaian untuk Liga 1 dan Liga 2 pada 27 Mei 2021, setelah mengikuti rapat dengan Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, PSSI, dan PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Dalam rapat koordinasi tersebut, PSSI dan PT LIB memaparkan seluruh rencana serta skema bergulirnya Liga 1 dan Liga 2, mulai dari penyelenggaraan hingga keamanan.

Polri mengeluarkan izin usai suksesnya penyelenggaraan Piala Menpora 2021 yang dijadikan acuan. PT LIB sendiri sudah memasukkan proposal sejak April lalu.

“Saya sampaikan dua hal terkait ke Polri ada perizinan dan kemanan. Perizinan sudah diproses LIB dan surat masuk sebelum puasa,” ujar Imam Sugianto di Kantor Kemenpora, Jakarta Pusat, Senin (24/5/2021).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Penyebaran Covid-19 ke seluruh penjuru dunia diawali dengan dilaporkannya virus itu pada 31 Desember 2019 di Wuhan, China

    COVID-19

  • Kabar terbaru BRI Liga 1 Indonesia 2021

    Liga 1

  • Liga 2, sebelumnya dikenal dengan nama Divisi Utama/Satu Liga Indonesia adalah liga kasta ke-2 dalam Liga Indonesia di bawah Liga 1.
    Liga 2, sebelumnya dikenal dengan nama Divisi Utama/Satu Liga Indonesia adalah liga kasta ke-2 dalam Liga Indonesia di bawah Liga 1.

    Liga 2

  • Kapolri

  • Polri