Sukses

Indonesia Kembali Kirim 2.000 Tabung Oksigen ke India untuk Penanganan Covid-19

Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan penanganan pandemi Covid-19 ke India berupa 2.000 tabung oksigen, Jumat 28 Mei 2021.

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Indonesia kembali mengirimkan bantuan penanganan pandemi Covid-19 ke India berupa 2.000 tabung oksigen, Jumat 28 Mei 2021. Adapun pada tahap pertama, pemerintah telah mengirimkan 1.400 tabung dari total 3.400 tabung yang akan diberikan.

"Bantuan ini merupakan tahap kedua setelah pengiriman 10 Mei lalu. InsyaAllah saudara-saudara kita di India bisa mendapatkan manfaat dari bantuan saudaranya di Indonesia," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto sebagaimana dikutip dari situs Sekretariat Kabinet, Senin (31/5/2021).

Bantuan ini diserahkan langsung oleh Airlangga kepada Pemerintah India yang diwakili Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti, i Jakarta. India beberapa waktu lalu memang tengah menghadapi ledakan kasus Covid-19.

Airlangga menyampaikan bantuan ini merupakan wujud komitmen Indonesia untuk menjaga persahabatan antarakedua negara. Menurut dia, India dan Indonesia merupakan mitra strategis sekaligus kawan di kala senang dan susah.

"Hal ini sesuai arahan Bapak Presiden, bahwa untuk menangani pandemi COVID-19 dan pemulihan ekonomi, kita bergerak dalam satu orkestrasi yang sama dan tujuan yang sama," jelasnya.

"Semoga menjadi spirit internasional agar kita menjadi bangsa yang mendorong multilateralisme" sambung Airlangga.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Partisipasi Sektor Industri

Sementara itu, Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan pengiriman tabung gas oksigen ke India ini merupakan partisipasi dari sektor industri di Indonesia. Dia mengapresiasi asosiasi dan pelaku industri yang terlibat dalam program bantuan kemanusiaan tersebut.

"Dengan dikirimkannya bantuan oksigen tahap kedua ini, menunjukkan bahwa Indonesia berkomitmen untuk membantu India dalam menanggulangi pandemi COVID-19," tutur Agus.

Dia berharap kasus Covid-19 di India dapat segera terkendali. Agus Gumiwang juga mengajak semua masyarakat untuk disiplin mematuhi protokol kesehatan agar tak terpapar virus corona.

"Tidak lupa mari kita mendoakan agar keadaan di sana cepat kembali terkendali, dan semoga kita dapat mengambil hikmah dan pelajaran dari musibah yang menimpa India agar kita tidak lengah dan tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan," ujar dia.

Sebelumnya, Pemerintah India memberikan dukungan ekspor bahan baku obat bagi Indonesia saat status pandemi mulai ditetapkan. Selain tabung gas oksigen, Indonesia juga telah mengirimkan bantuan berupa 200 unit oksigen konsentrator pada tanggal 12 Mei lalu.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.