Sukses

Warga Bekasi Diimbau Waspada Banjir Akibat Perubahan Iklim dan Cuaca

Warga Bekasi diminta tidak berpatokan pada musim, karena hujan beberapa hari ini cukup intens turun, meski dalam masa kemarau.

Liputan6.com, Bekasi - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bekasi mengimbau masyarakat untuk selalu waspada terhadap potensi banjir akibat perubahan iklim dan cuaca. Hal ini mengingat hujan yang akhir-akhir ini intens turun, meski masih terhitung musim kemarau.

Warga pun diminta tidak lagi berpatokan pada musim yang sedang berlangsung, karena perubahan cuaca bisa datang setiap saat. Perubahan cuaca yang tiba-tiba ini kerap membuat warga kurang sigap menghadapi kemungkinan banjir.

"Kami imbau warga tidak lagi terpaku rutinitas tahun, bulan ini kemarau, bulan ini hujan. Saat ini kita harus siap dengan kondisi yang ada," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kabupaten Bekasi, Muhammad Said, Minggu (30/5/2021).

Menurutnya, dalam beberapa hari terakhir terjadi peningkatan debit air di Kali Ulu Cikarang Utara dan Kedungwaringin akibat hujan yang terus mengguyur. Meski tak sempat menggenangi permukiman, namun ia meminta warga untuk tetap waspada.

"Kemarin di Kali Ulu dan Kedungwaringin sudah sampai satu lutut. Beruntung banjir menggenang sesaat, setelah itu surut lagi," ujar Said.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Peningkatan Daerah Rawan Banjir

Pihaknya juga mengungkapkan adanya penambahan jumlah wilayah rawan akibat banjir besar yang melanda Kabupaten Bekasi pada awal tahun lalu. Setidaknya ada 21 dari 23 kecamatan yang saat ini tercatat sebagai wilayah rawan banjir.

"Memang ada peningkatan daerah rawan, jadi total ada 21 dari 23 kecamatan di Kabupaten Bekasi dengan total 157 titik," tandasnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.