Sukses

Ruas Jalan Banten - Sukabumi Terputus Akibat Longsor

Musibah longsor ini tidak menimbulkan korban jiwa karena saat kejadian, lokasi longsor tidak ada kendaraan yang melintasi.

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lebak, Banten, Pebby Rizky Pratama mengatakan ruas jalan Provinsi Banten menuju Sukabumi (Jawa Barat) melalui jalur Cipanas - Warungbanten putus tertutup tanah longsor setelah hujan deras.

"Ruas jalan yang terputus longsoran itu, tepatnya di Kampung Citagogag, Kecamatan Lebak Gedong," kata Pebby di Lebak, Sabtu 29 Mei 2021.

Kejadian tanah longsor di ruas jalan yang menghubungkan Provinsi Banten dan Jawa Barat kerapkali terjadi, karena topografinya perbukitan pada kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS).

Beruntung, kata dia, musibah ini tidak menimbulkan korban jiwa karena kendaraan yang melintasi jalan tersebut sedang sepi saat kejadian.

Saat ini, kondisi jalan sepanjang 50 meter yang tertutup material longsor bebatuan dan tanah itu tidak bisa dilintasi kendaraan.

"Kami kini menutup ruas jalan itu," kata dia yang dikutip dari Antara.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Akibat Curah Hujan Tinggi

Menurut dia, terputusnya ruas jalan itu mulai pukul 16.00 WIB setelah curah hujan di daerah itu cukup lebat.

Saat ini, kata dia,kendaraan yang menuju Cipanas-Warungbanten-Sukabumi dialihkan Cipanas-Leuwiliang-Bogor-Sukabumi.

Selain itu juga masyarakat yang berada di permukiman kawasan TNGHS agar meningkatkan kewaspadaan sehubungan curah hujan meningkat.

"Kami minta warga tetap waspada menghadapi cuaca buruk itu untuk mengurangi risiko kebencanaan," katanya menegaskan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.