Sukses

Balik dari Mudik, Ratusan Pemulung TPA Burangkeng Bekasi Dites Swab Antigen

Berdasarkan hasil pemeriksaan, seluruh pemulung dan sopir truk sampah yang mengikuti tes swab antigen, tidak satupun terpapar Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Ratusan pemulung di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Burangkeng, Setu, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, menjalani test swab antigen untuk mencegah klaster baru Covid-19. Para pemulung tersebut diketahui baru kembali dari mudik Lebaran. 

Giat ini gencar dilakukan pemerintah daerah guna mendeteksi dini pemudik yang baru tiba dari kampung halaman, yang mayoritas berasal dari Cirebon dan Indramayu.

"Unsur tiga pilar melakukan tes swab antigen gratis kepada ratusan pemulung yang berada di TPA Burangkeng, guna mengantisipasi klaster baru Covid-19," kata Kapolsek Setu, AKP Mukmin, Sabtu (29/5/2021).

Petugas mendirikan posko di lokasi untuk melayani tes usap para pemulung. Meski awalnya sempat menolak, mereka pun akhirnya bersedia usai diberikan pengarahan.

Satu persatu pemulung menjalani swab antigen dengan bantuan beberapa tenaga medis yang disediakan. Petugas juga menyasar para sopir truk sampah yang berada di lokasi.

"Para sopir diketahui mobilitasnya cukup tinggi karena sering berada di beberapa tempat sebelum membuang sampah di TPA Burangkeng," ujar Mukmin.

 

 

** #IngatPesanIbu

Pakai Masker, Cuci Tangan Pakai Sabun, Jaga Jarak dan Hindari Kerumunan.

Selalu Jaga Kesehatan, Jangan Sampai Tertular dan Jaga Keluarga Kita.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tidak Ada yang Terpapar Covid-19

Berdasarkan hasil pemeriksaan, Camat Setu Joko Dwi Jatmoko menyampaikan, bahwa seluruh pemulung dan sopir truk sampah yang mengikuti tes swab antigen, tidak satupun terpapar Covid-19. 

"Kita akan terus berkoordinasi dengan pengelola TPA Burangkeng untuk memantau pemulung yang baru pulang mudik," ucap Joko.

Pihaknya berharap kegiatan tes swab antigen di TPA Burangkeng dapat meminimalisir dan memutus mata rantai penularan Covid-19, khususnya di wilayah Setu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.