Sukses

Terjangkit Sepulang Mudik

Kepolisian mencatat per Kamis 27 Mei 2021, 109.984 warga Ibu Kota yang kembali ke Jakarta usai berlebaran di kampung halaman, terdapat 834 orang yang reaktif terjangkit Covid-19.

Liputan6.com, Jakarta Lebaran telah usai. Kegembiraan selama lebaran, khususnya bagi warga yang mudik, rupanya berubah muram. Kepolisian mencatat per Kamis 27 Mei 2021, 109.984 warga Ibu Kota yang kembali ke Jakarta usai berlebaran di kampung halaman, terdapat 834 orang yang reaktif terjangkit Covid-19.

Hal ini usai jajaran Polda Metro Jaya menggelar swab antigen Covid-19 di beberapa pintu masuk Jakarta seperti terminal, stasiun, dan beberapa titik lainnya.

 

"460 orang isolasi mandiri, 168 dirawat di Wisma Atlet, dan 206 lainnya dirujuk di beberapa tempat," kata Kepala Bidang Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus, Kamis (27/5/2021).

Yusri menerangkan, proses pemeriksaan kepada pemudik terus berjalan sampai 31 Mei 2021. Dia menyebut, ada 14 titik pos pemeriksaan yang didirikan untuk menyeleksi pemudik yang kembali ke Jakarta.

 

"Itu masih kita lakukan sampai tanggal 31 Mei 2021 mendatang. Jadi 14 titik ini belum diperintahkan kembali, masih melaksankan tugasnya termasuk di KM 34 sana yang paling banyak dan juga di Cikupa itu yang dari Lampung," ucap dia.

Beberapa Wilayah Jabodetabek Lockdown

Lockdown lokal di RT 003/RW 003 Kelurahan Cipayung, Jaktim dilakukan usai 80 warga setempat dinyatakan positif Covid-19.

 

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria, mengungkapkan karantina atau lockdown lokal di kawasan tersebut akibat interaksi warga saat silaturahmi atau halalbihalal pada Lebaran 2021.

Riza mengingatkan kembali bahwa lebih baik tidak melakukan kumpul-kumpul dan membuat kegiatan berkerumun seperti halalbihalal.

 

"Kami sampaikan mohon jangan abaikan arahan protokol kesehatan. Terbukti bagi warga yang melakukan kunjungan silaturahmi terjadi kontak dan akhirnya terjadi penularan. Oleh karena itu, kami tetap minta untuk lebih diperhatikan lagi protokol kesehatan," ucapnya.

Di Ciracas, Jakarta Timur, 10 RT di-lockdown usai penelusuran adanya pemudik yang terpapar Covid-19.

 

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Yusri Yunus menjelaskan penyebabnya karena ada pemudik yang terlambat terindetifikasi telah terpapar virus Covid-19, sehingga menyebarkan ke warga lain.

Lockdown juga dilakukan warga RT 04/02, Kelurahan Srengseng Sawah, Jagakarsa, Jakarta Selatan setelah 13 warganya yang mudik diketahui terjangkit Virus Corona.

 

Di Bogor, lockdown diberlakukan di Perumahan Griya Melati, Keluraha Bubulak, Kota Bogor. 90 orang warga setempat dinyatakan positi Covid-19.

Wali Kota Bima Arya mengatakan, penyebaran di kawasan tersebut diketahui setelah salah satu anggota keluarga di sana terjangkit virus usai mudik lebaran.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini