Sukses

Lihat Lokasi Helikopter Jatuh di Danau Depok, KNKT Pakai Perahu Naga

Usai mendapatkan kabar helikopter Robinson 44 jatuh ke Danau Bupetra, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, sejumlah anggota Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendatangi lokasi tersebut.

Liputan6.com, Depok - Usai mendapatkan kabar helikopter Robinson 44 jatuh ke Danau Bupetra, Kecamatan Cimanggis, Kota Depok, sejumlah anggota Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mendatangi lokasi tersebut. Mereka kemudian menuju titik jatuhnya helikopter menggunakan perahu wisata dengan bentuk naga.

Pantauan Liputan6.com, perahu KNKT sempat mendekati lokasi titik helikopter Robinson 44 yang jatuh. Beberapa orang di perahu tersebut, mengabadikannya dengan. Tidak sampai 10 menit, mereka kembali ke dermaga perahu.

Tidak ada satupun anggota KNKT yang mau di wawancarai soal hal itu. Terlihat sejumlah anggota kepolisian dan TNI masih berjaga di lokasi helikopter robinson 44 yang jatuh di Danau Bupetra.

Sementara itu, Kapolres Metro Depok, Kombes Imran Edwin Siregar mengatakan, helikopter Robinson 44 terjatuh tepatnya sekitar pukul 10.30 WIB. Dia membenarkan helikopter yang jatuh merupakan heli latih yang jatuh di Danau Bupetra yang masuk di wilayah Kota Depok.

"Penangannya memang berada di pihak berwenang kita hanya mengamankan lokasi helikopter yang jatuh saja," ujar Imran, Jumat (28/5/2021).

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tak Ada Korban Jiwa

Imran mengungkapkan, pada saat helikopter yang jatuh tidak ada korban jiwa karena pilot dan awak helikopter dalam kondisi selamat. Dirinya tidak mengetahui secara pasti rencana evakuasi helikopter yang jatuh di Danau Bupetra. Menurutnya kewenangan tersebut berada di pihak KNKT terkait helikopter yang jatuh.

"Biar pihak yang berwenang yang menjelaskan yaitu KNKT," ucap Imran.

Sebelumnya, salah seorang pemancing di Danau Bupetra, Alex mengatakan, sekitar pukul 09.45 WIB, terlihat sebuah helikopter terbang di atas danau. Helikopter yang terbang dari arah timur terlihat terbang rendah dan tidak lama kemudian helikopter terjatuh. Pada saat jatuh kondisi mesin helikopter masih menyala, namun setelah tercebut mesin helikopter mati.

"Tidak ada suara ledakan hanya suara seperti benda yang jatuh ke air," ucap Alex.

Alex melihat, sebanyak dua orang keluar dari dalam helikopter dan mencoba berenang ke arah tepi danau untuk menyelamatkan diri. Menurutnya, kedua orang tersebut merupakan sipil yang terlihat dari pakaian yang digunakan. Diakuinya sejumlah pemancing yang berada di lokasi sempat berlarian karena khawatir helikopter yang jatuh akan meledak.

"Sempat pada lari yang mancing karena takut helikopter meledek, tapi tidak meledak dan kami mencoba menolong dua orang yang berada di dalam helikopter," pungkas Alex.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.