Sukses

Menkominfo Resmikan Jaringan 5G: Langkah Baru Revolusioner

Johnny G Plate mengatakan, Indonesia memasuki babak baru teknologi telekomunikasi modern dengan memanfaatkan jaringan koneksi generasi kelima.

Liputan6.com, Jakarta Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G Plate mengatakan, Indonesia memasuki babak baru teknologi telekomunikasi modern dengan memanfaatkan jaringan koneksi generasi kelima atau 5G.

Infrastruktur digital nasional sendiri ke depan akan ditopang dengan jaringan 4G dan 5G secara simultan.

"Hari ini hari bersejarah, hari yang sangat khusus untuk telekomunikasi di Indonesia. Hari ini menandai satu langkah baru revolusioner menatap masa depan telekomunikasi dan digitalisasi Indonesia," tutur Johnny dalam keterangannya, Kamis (27/5/2021).

Dia sendiri meresmikan jaringan 5G hari ini, Kamis 27 Mei 2021. Menurutnya, sudah banyak harapan yang diterima, baik dari kementerian, lembaga, pemerintah daerah, komunitas bisnis, komunitas masyarakat, dan masyarakat umum mengenai kehadiran jaringan 5G untuk memenuhi kebutuhan di era teknologi digital.

"Saya ingin memastikan roll out 5G Telkomsel yang dilakukan hari ini juga tetap berjalan operasi simultan bersama jaringan 4G, karena pembangunan 5G secara merata di seluruh wilayah tanah air justru yang akan menjadi tonggak-tonggak penting infrastruktur telekomunikasi nasional kita," jelas dia.

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Beri Apresiasi

Johnny pun menyampaikan apresiasinya kepada Telkomsel yang mengambil langkah cepat untuk mengawal pembangunan 5G di Indonesia.

Namun tetap, diperlukan persiapan yang matang dengan pertimbangan dan keputusan bisnis yang melihat ke depan, menantang, dan menerima peluang sebagai arena baru telekomunikasi nasional.

"Ini tanda-tanda baik, sekaligus tantangan yang luar biasa apabila memahami implikasi harapan itu. Hari ini hari yang luar biasa, di mana kita mengawali deployment 5G dengan tetap menjaga dan mempertahankan agar internet link rasio, agar disparitas internet antar wilayah negara kita, tetap terjaga dengan baik," kata dia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.