9 Pengakuan Felicia Tissue soal Hubungannya dengan Kaesang Pangarep, Putra Jokowi

Oleh Devira Prastiwi pada 28 Mei 2021, 06:29 WIB
Diperbarui 28 Mei 2021, 06:29 WIB
[Bintang] Kaesang Pengarep
Perbesar
Kaesang Pengarep foto bersama Felicia Tissue (Instagram/@kaesangp)

Liputan6.com, Jakarta - Nama Felicia Tissue menjadi sorotan usai memberikan klarifikasi mengenai hubungannya dengan Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

Sempat menghilang beberapa waktu, Felicia Tissue akhirnya berani buka suara melalui sebuah video yang diunggah di YouTube.

"Saya Felicia yang juga lebih akrab dikenal sebagai Felicia Tissue di sosial media. Dalam situasi pandemi yang sulit ini, saya berharap warga Indonesia akan tetap tabah dan menjaga kesehatan masing-masing. Ini pertama kalinya saya memberanikan diri untuk berbicara di publik untuk meluruskan hal-hal yang selama ini menjadi simpang siur dengan tidak adanya kejelasan dan penyelesaian oleh pihak Bapak Jokowi dan keluarga," ucap Felicia Tissue, Rabu malam, 26 Mei 2021.

"Akibatnya, akhir-akhir ini telah terjadi hujatan kejam dan dilontarkan terhadap saya dan keluarga dengan membawa-bawa isu-isu suku, agama, dan kewarganegaraan," sambung dia.

 

Berikut deretan pengakuan Felicia Tissue terkait hubungannya dengan Kaesang Pangarep, putra Presiden Joko Widodo atau Jokowi dihimpun Liputan6.com:

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Mengaku Sempat Memilih Diam hingga Keluarganya Diusik

[Bintang] Kaesang Pengarep
Perbesar
Kaesang Pengarep foto bersama Felicia Tissue (Instagram/@kaesangp)

Felicia Tissue akhirnya buka suara soal apa yang sebenarnya terjadi dengan hubungannya dengan Kaesang Pangarep lewat kanal YouTube-nya.

"Saya Felicia yang juga lebih akrab dikenal sebagai Felicia Tissue di social media. Dalam situasi pandemi yang sulit ini, saya berharap warga Indonesia akan tetap tabah dan menjaga kesehatan masing-masing," Felicia Tissue menyapa.

Klarifikasi ini terekam dalam video bertajuk "The Revelation." Dalam video berdurasi 9 menitan itu, Felicia Tissue dengan berani menyebut tak ada kejelasan dan penyelesaian dari pihak Jokowi dan keluarga.

"Ini pertama kalinya saya memberanikan diri untuk berbicara di publik untuk meluruskan hal-hal yang selama ini menjadi simpang siur dengan tidak adanya kejelasan dan penyelesaian oleh pihak Bapak Jokowi dan keluarga," ujar dia.

"Akibatnya, akhir-akhir ini telah terjadi hujatan kejam dan dilontarkan terhadap saya dan keluarga dengan membawa-bawa isu-isu suku, agama, dan kewarganegaraan," Felicia Tissue menyambung.

Dalam kesempatan itu, Felicia Tissue menjelaskan alasannya akhirnya buka suara. Mulanya, ia berpikir dengan berdiam diri, maka kisah cintanya yang jadi konsumsi publik akan reda. Yang terjadi malah sebaliknya.

"Setelah memilih untuk diam selama ini, saya rasa ini tidak bisa terus dibiarkan. Hujatan harus dihentikan dan publik harus mengetahui apa yang terjadi sebenarnya," papar Fecilia Tissue.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kenang Awal Mula Kisah Cinta

[Bintang] Kaesang Pengarep
Perbesar
Kaesang Pengarep foto bersama Felicia Tissue (Instagram/@kaesangp)

Felicia Tissue kemudian mengenang awal mula menjalin cinta dengan Kaesang Pangarep dan beberapa kali menghadiri acara keluarga. Salah satunya, tampil di pernikahan Kahiyang Ayu dan Bobby Nasution.

"Dalam acara tersebut saya disediakan tempat tinggal di kediaman Mas Gibran selaku putra sulung beliau dan Mbak Selvi selaku istrinya," kata Felicia Tissue.

"Saat itu saya sempat bertemu juga dengan Bude dan Pakde selaku kakak dan kakak ipar dari keluarga Ibu Iriana," lanjut dia.

Lebih lanjut, Felicia Tissue mengklaim Kaesang Pangarep sudah minta izin ke orangtua bahkan neneknya. Setelahnya, hubungan asmara dan dua keluarga terjalin dengan baik.

"Dengan pihak keluarga saya pun putra beliau sudah meminta izin kepada orangtua, bapak dan nenek saya, dan sering bertemu untuk menjalin hubungan yang baik. Dengan keakraban tersebut yang dijalin sedemikian waktu," ungkap Felicia Tissue.

Diakui Felicia Tissue, kehilangan Kaesang Pangarep secara mendadak membuatnya syok berat. Sampai di sini suaranya terdengar bergetar. Air matanya mengendap-endap di pelupuk.

"Tentunya kehilangan mendadak putra beliau dari kehidupan saya bukanlah hal sepele yang bisa dipertimbangkan dan diperlakukan seperti beberapa hal politik yang sering waktu diabaikan dengan cara mendiam," urai dia.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Janji Dinikahi dan Minta Restu

Diisukan Sudah Lamaran, Ini 6 Potret Kedekatan Kaesang dan Keluarga Felicia Tissue
Perbesar
Beredar foto pertemuan keluarga Presiden Jokowi dan keluarga Felicia. (Sumber: Instagram/@kaesangfelicia)

Fakta lain yang dibeberkan Felicia Tissue, janji Kaesang Pangarep akan menikahinya.

"Pada akhir Desember 2020, putra beliau menelepon dan mengatakan secara langsung kepada saya keinginan untuk menikah dan sudah memberitahukannya kepada Bapak Jokowi," katanya.

Janji ini tentu saja membuat hati Felicia Tissue berbunga-bunga. Sayang, kebahagiaan ini tak berlangsung lama. Dua minggu setelahnya, adalah fase berat sekaligus menyakitkan.

"Putra beliau pun sudah meminta restu kepada orangtua saya. Dua minggu kemudian putra beliau menghilang dan memblokir seluruh kontak saluran walaupun saya sangat terpukul," Felicia Tissue menyambung.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Kontak Felicia Tissue Diblokir Tapi Kaesang Aktif di Medsos

[Bintang] Kaesang Pengarep
Perbesar
Kaesang Pengarep foto bersama Felicia Tissue (Instagram/@kaesangp)

Meski syok berat, Felicia Tissue tak tinggal diam. Ia mengklaim mencoba menegarkan hati lalu mencari kepastian terkait apa yang sebenarnya terjadi. Ia mengontak beberapa anggota keluarga RI-1.

"Saya menegarkan diri dan mencari cara apa yang sebetulnya terjadi dengan mencoba menghubungi putra beliau dengan berbagai cara dan juga kepada keluarga Bapak Jokowi. Tapi dengan sesatnya, tidak ada satu pun yang merespons. Dan Ibu Iriana pun mengganti kontak selulernya," papar dia.

"Satu-satunya pembicaraan yaitu dengan Bude yang sempat kaget dengan perilaku putra beliau. Pada waktu itu saya dianjurkan untuk tidak mengosongkan pikiran dan disampaikan bahwa Bude yang akan coba cari tahu dari keluarga beliau," Felicia Tissue menyambung.

Kemudian dia menyebut Bude dari keluarga RI-1 jadi satu-satunya harapan untuk tahu apa yang sebenarnya terjadi.

Apes. Felicia Tissue lagi-lagi menghadapi kenyataan pahit. Selang dua hari, ia mengontak Bude, namun tak ada respons dalam bentuk apa pun.

"Dua hari kemudian pada saatnya saya WhatsApp kepada Bude, ia pun tidak merespons balik. Alangkah anehnya. Dan yang lebih kejam lagi, putra beliau tetap aktif di social media Twitter," bebernya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tulis Surat Tangan

5 Klarifikasi Felicia Tissue Soal Hubungannya dengan Kaesang, Akhirnya Angkat Bicara
Perbesar
Penjelasan dan klarifikasi Felicia Tissue yang sebut semua jalan berkomunikasi ditutup. (Sumber: YouTube/Felicia Tissue)

Felicia Tissue tak patah semangat mencari kepastian. Kala semua akses selular telah diblokir, ia kembali ke cara klasik yakni menulis surat dengan tulisan tangan.

"Tetap saya diabaikan begitu saja tanpa kabar dari semua pihak keluarga Bapak Jokowi. Namun dengan demikian saya pun tetap berusaha untuk menulis surat tangan yang dikirim langsung dari Singapura ke Indonesia dengan tujuan kepada Bapak Joko Widodo," akunya.

Dalam suratnya, sebagai anak perempuan, Felicia Tissue hanya memohon kepastian. Ia yakin tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan. Begitu pula perihal cintanya dengan Kaesang Pangarep.

"Isi surat tersebut meminta untuk hal ini diselesaikan secara kekeluargaan karena dampaknya akan sangat berat bagi saya apabila tidak ada penjelasan dan penyelesaian dari pihak beliau," ucap dia.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Nenek Felicia Tissue Datangi Istana Bogor

[Bintang] Felicia Tissue
Perbesar
Felicia Tissue, mantan pacar Kaesang Pangarep. (Instagram/kaesangp)

Di sisi lain, media mulai mengendus ketidakberesan dalam hubungan Felicia dan Kaesang. Apalagi Kaesang kemudian menghapus foto kebersamaan mereka di media sosial.

"Dengan situasi tersebut, saya memilih diam dan tidak memberitakan apa pun ke media. Walaupun banyaknya media yang mencoba mencari tahu. Saya berharap masih ada etika yang baik dari keluarga beliau untuk menyelesaikannya secara kekeluargaan," kata dia.

Hanya, pemberitaan media kemudian membuat nenek Felicia bertanya-tanya apa yang terjadi dalam hubungan cucunya.

"Nenek saya yang sudah berusia 84 tahun menelepon untuk bertanya, namun saya hanya bisa menyampaikan, 'Belum tahu Oma, tapi jangan khawatir ya.' Karena saya mengkhawatirkan kesehatannya," suara Felicia bergetar saat menceritakan hal ini.

Sang nenek rupanya tidak puas dengan jawaban ini, dan berniat mencari tahu secara langsung.

"Tetapi nenek saya tetap menempuh perjalanan ke Istana Bogor untuk mempertanyakan ada apa sebetulnya dengan putra beliau," ucap Felicia.

Namun, sang nenek pulang dengan tangan kosong. "Sayangnya, perjalanan itu sia-sia. Dinding istana begitu tebal, dan tak ada seorang pun yang menjawab pertanyaan nenek saya," kata Felicia.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Felicia Temukan Foto Kaesang dengan Karyawannya

6 Potret Kebersamaan Kaesang Pangarep dan Nadya Arifta, Dikabarkan Pacaran
Perbesar
Kaesang Pangarep dan Nadya Arifta (Sumber: Instagram/@nadriftakaesangp)

Dalam klarifikasinya, beberapa kali suara Felicia Tissue bergetar dan matanya berkaca-kaca. Pertahananannya jebol kala mengklarifikasi tragedi yang disebut mantan kekasih Kaesang Pangarep badai jelang ulang tahun.

Ia ingat betul, badai yang tak terbendung itu terjadi pada 7 Maret 2021. Badai itu adalah ramainya pemberitaan media terkait foto mesra putra bungsu Presiden Jokowi dengan perempuan lain yang diketahui bernama Nadya Arifta.

"Akhirnya badai tidak bisa lagi terbendung. Pada tanggal 7 Maret 2021, dua hari sebelum perayaan ulang tahun saya, saat media online mengungkapkan foto kebersamaan putra beliau dengan sosok wanita yang saya kenal sebagai karyawan perusahaannya," kata Felicia Tissue.

"Mulai saat itu foto-foto mesranya mulai beredar luas di media online. Dipertontonkan kepada publik. Di situlah ibu saya merasakan dengan pedihnya, bahwa anak putri satu-satunya telah dikhianati putra beliau dengan perilaku kejinya diperbolehkan oleh beliau sendiri dan keluarga," imbuhnya.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Keluarga Menguatkan

Felicia Tissue dan ibunda, Meilia Lau. (Foto: Instagram @feliciatissue)
Perbesar
Felicia Tissue dan ibunda, Meilia Lau. (Foto: Instagram @feliciatissue)

Dihantam berita Kaesang Pangarep dan Nadya Arifta, Felicia Tissue kala itu lagi-lagi memilih diam. Ibunya, Meilia Lau, yang tidak terima menumpahkan kekesalan di akun Instagram.

"Niatnya bukan untuk memperkeruh tertapi karena tidak ada jalan lain lagi. Satu-satunya adalah menyampaikan perasaan hati dalamnya bahwa putrinya telah diperlakukan secara tidak wajar," Felicia meluruskan.

Tidak mudah bagi Felicia Tissue melupakan kenangan indah selama lima tahun.

"Lima tahun hubungan saya dengan putra beliau bukanlah waktu yang singkat. Saya sangat terpukul dan tidak bisa berkata apa pun," ia mengakui. Beruntung, ia punya sistem pendukung yang solid.

"Namun saya beruntung karena ada ibu dan kakak saya yang mewakili saya dan keluarga besar yang menguatkan saya. Beberapa bulan sudah berlalu dan saya berusaha untuk membangkitkan diri dan menjalankan hidup baru saya ini," kata Felicia Tissue.

 

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Tegaskan Bukan Masalah Jodoh, Felicia Kutip Kata-Kata Gus Dur

Felicia Tissue. (Foto: Instagram @feliciatissue)
Perbesar
Felicia Tissue. (Foto: Instagram @feliciatissue)

Sejak putus dari Kaesang Pangarep, Felicia Tissue mengaku kerap menerima hujatan dalam beragam bentuk di medsos dari makian rasialisme hingga kata-kata kotor. Terbaru, ia sampai melaporkan seorang netizen ke Polisi Singapura.

"Sampai saya pun secara langsung dihujat secara ras, agama, suku, kewarganegaraan dan juga dengan menggunakan kata-kata kotor yang merendahkan harga diri saya sebagai wanita," kata Felicia Tissue.

"Bisa dibayangkan dampak beratnya untuk saya dan keluarga. Saya rasa Bapak Jokowi yang juga mempunyai anak perempuan dan juga cucu perempuan bisa merasakan sebagai orangtua apabila ini terjadi kepada pihak beliau," imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Felicia Tissue menepis tudingan yang menyebut ia dan keluarga koar-koar karena gagal jadi mantu Presiden Republik Indonesia. Ini bukan perkara jodoh.

"Saya tegaskan, ini bukan masalah jodoh atau tidak berjodoh. Tapi masalah etika dalam penyelesaian masalah kekeluargaan," ujarnya seraya mengaku telah legowo menerima fakta.

Tak tahan menerima hujatan keji, Felicia Tissue memutuskan menyampaikan fakta yang sebenarnya kepada publik.

Ia lelah dengan penggorengan isu selama beberapa minggu belakangan. Di pengujung klarifikasi, ia melontar sindiran, pria mestinya melindungi wanita.

"Seharusnya, lelaki wajib melindungi wanita, tapi pada saat ini, saya berdiri dengan tegar untuk diri sendiri seperti yang dikatakan almarhum Gus Dur, sosok pemimpin moderat yang sangat saya kagumi," Felicia Tissue memaparkan.

"Pancasila dan konstitusi begitu mudah diucapkan oleh para elit dan penguasa namun mengapa mereka begitu sulit melaksanakannya?" ia balik bertanya seraya mengakhiri klarifikasi.

Lanjutkan Membaca ↓

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya